Tentang Credit Union

Catatan untuk Edisi Mei 2008: Credit Union

Credit Union adalah salah satu solusi pemberdayaan ekonomi yang bisa melibatkan banyak kalangan masyarakat, lintas agama bahkan lintas usia, agar mereka bertanggungjawab akan masa depannya masing-masing. Yang pra sejahtera bisa naik sedikit menjadi lebih sejahtera; yang sudah sejahtera pun bisa memiliki nilai sosial dari uang simpanannya untuk digunakan bagi mereka yang membutuhkan. Bukan sekedar charity atau donasi, tetapi menjadi modal untuk mengangkat taraf hidup mereka sendiri.

Saya melihat Credit Union adalah salah satu sarana untuk mewartakan Sabda Tuhan khususnya dalam Lukas 4:18-19

“Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang”

Kabar terbaik yang ingin didengar orang miskin adalah bahwa sebentar lagi mereka tidak miskin lagi. Sebentar lagi anak-anak mereka bisa terus sekolah. Kabar terbaik nya adalah ada jaminan pensiun bagi orang miskin kalau mereka mau mempersiapkannya dari sekarang. Bahkan kabar baiknya mereka yang meninggalpun tidak meninggalkan ‘hutang’, tapi justru bisa meninggalkan ‘berkat’ bagi ahli warisnya karena pinjamannya mendapatkan proteksi.

Sejak tahun lalu paroki kami mulai merintis pelayanan simpan pinjam melalui Credit Union Bererod Gratia (CUBG) yang berkantor di KWI. Inisiatif ini diawali dari banyaknya permintaan pinjaman umat ke PSE. Tentu kami memiliki keterbatasan baik dalam hal kemampuan memberikan pinjaman dan juga dalam hal SDM. Sehingga dengan bergabung dengan CU, umat yang membutuhkan pinjaman bisa terlayani. Tetapi yang paling penting adalah adanya perubahan polapikir melalui pelatihan2 bagi para anggota sehingga mereka memiliki keinginan kuat untuk keluar dari keterbatasannya dan dipersiapkan menjadi wiraswasta.

Berikut adalah tujuan mendirikan CU:

1.  Membimbing dan mengembangkan sikap hemat menghadapi tantangan konsumerisme disekeliling kita.
2.  Memberikan pinjaman layak, tepat, cepat dan murah; terutama bagi mereka yang tidak memiliki aset yang dapat dijaminkan ke lembaga keuangan.
3.  Membiasakan anggota agar menggunakan uang dengan bijaksana. Think twice, Act wise. Para pengurus akan membimbing bagaimana memilih simpanan dan menggunakan pinjaman. Pembentukan karakter adalah salah satu prasyarat bagi permohonan kredit.
4.  Agar anggota dapat merancang masa depan yang lebih baik tidak hanya menghadapi kesulitan sekarang, tapi juga memikirkan masa depan anak-anaknya.

Peran CU dalam pemberdayaan rakyat.

CUBG yang berdiri 15 Mei 2006, merupakan salah satu dari 49 CU yang menginduk di BK3D Kalimantan. Sebagian besar dari ratusan ribu anggotanya berasal dari suku dayak yang menganut agama dan profesi berbeda-beda. Di berbagai tempat banyak dirintis oleh para rohaniwan/ti katolik sebagai wujud kepedulian akan peingkatan taraf hidup masyarakat.

Dalam hal penyaluran kredit kepada masyarakat menengah ke bawah, prestasi BK3D Kalimantan tidak kalah dari BRI.

Hingga saat ini (Maret) BRI – yang sudah berdiri hampir satu abad dan jaringannya tersebar di seluruh Indonesia – telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) lebih dari Rp 2 trilyun kepada lebih dari 251.000 debitur KUR Mikro. (Tempo, 28 April-4 Mei 2008, hlm. 13)

BK3D Kalimantan – yang berdiri baru pada 1988 dengan pelayanan terutama di Kalimatan Barat dan beberapa kota di Kalimantan dan luar Kalimantan – hingga akhir 2007 juga telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 1,7 trilyun. Apabila 3/4 anggota semua CU yang bergabung pada BK3D (402.013 orang) diandaikan meminjam, berarti kredit tersebut juga tersalur pada 301.510 orang. Yang lebih hebat lagi, uang sebesar itu diserap dari anggota sendiri, bukan pinjaman dari luar lembaga. Termasuk juga keuntungan usaha pun dinikmati para anggotanya sebagai pemegang saham CU.

Sosialisasi CUBG : Paroki SPMR

Saat ini paroki SPMR sedang melakukan sosialisasi Credit Union (CU) dimotori romo Sumarwan SJ, maka beberapa artikel dibagikan dengan harapan dapat diikuti di komunitas anda. Berbagai inisiatif dilakukan untuk merekrut anggota, dimulai dari Dewan Paroki, karyawan gereja dan para relawan PSE, selanjutnya diikuti para pengurus lingkungan. Besar harapan kami umat pun bisa melibatkan karyawannya serta mengajak tetangganya bahkan karyawan perkantoran disekitar Kebayoran untuk bisa bergabung di CUBG.

Menjadi miskin atau kaya adalah perubahan sikap mental terhadap penggunaan uang. Masih banyak kelompok masyarakat menengah ke atas sebenarnya masuk golongan ‘miskin’ karena tidak mempersiapkan masa depannya sungguh-sungguh.

So…Why not start now, Why not start with you ? AMDG – RA

72 responses

12 05 2008
agnes

Nama saya agnes,usia 26 tahun.saya tertarik sekali dengan program credit union ini.apakah saya bisa ikut bergabung dan bagaimana caranya mengingat saya berdomisili di jakarta.terima kasih

4 07 2011
Michael Wiratmoko

Setahu saya, di Jakarta ada 2 CU yang lumayan berkembang: di Kampung Melayu dan di Cengkareng. Keuntungan dari CU yang sudah berkembang adalah jumlah anggota dan modal sudah cukup kuat, sehingga “semestinya” berani memberikan bunga yang bersaing kepada para anggotanya.
dari kursus/ pelatihan “Credit Union Director Competency Cource” (CUDCC), sebaiknya perlu dikembangkan sinergi antar CU sehingga benar-benar menjadi lembaga keuangan berbasis anggota yang mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Sangat disayangkan masih ada CU yang “biasanya” dikelola oleh kaum oversek (usia over seket (50 tahun) yang “malu” untuk bersinergi dengan CU yang sudah berkembang.
namun demikian, lebih baik kita cepat bergabung dengan salah satu CU …. dan belajar ber CU.
salam
Michael Wiratmoko

2 09 2012
Tony Setiabudhi

Anda bisa tanya di gereja Antonius Bidara Cina.
Jl Otista 76,
Tanya melalui Seksi Sosial Atau Ibu Yyustin
Kantor Koperasi Kredit Bina SERODJA juga di sana!

12 05 2008
ratna ariani

Salam kenal mbak Agnes, senang juga ada orang muda yang tertarik untuk mempersiapkan masa depannya bersama Credit Union. Anda bisa lihat info keanggotaan di http://www.cubg.blogspot.com dan bisa hubungi kantor CU terdekat dengan lokasi anda – RA

2 09 2012
Tony Setiabudhi

Bu Ratna,
Saya kenal nama anda dari Warta Keuskupan kemarin.
Mudah2an bisa nyambung dgn kegiatan lain yang SCOPE nya lebih luas.
Salam kenal s
AMDG
Tony S

27 05 2008
johanes

Saya tertarik dengan CU, dan sudah membaca beberapa artikel tentang CU khususnya yang diKalimantan Barat. Saya tertarik untuk menjadi anggota CU, tetapi posisi saya saat ini berada di Kalimantan Timur, Dapatkah saya bergabung dengan CU dijakarta ?

27 05 2008
ratna ariani

Salam kenal pak Johanes dan senang juga ada yang menjadi tertarik ikut CU karena blog ini. Sebaiknya anda bergabung dengan CU terdekat dengan tempat tinggal anda, sehingga memudahkan operasional dan mobilitas anda dalam melakukan simpan pinjam. Apakah sudah mencoba cek ke alamat CU di Kalimantan timur di http://www.cucoborneo.com/kelembagaan.html Ada di Samarinda, Kutai Barat, Kutai Kertanegara dan Malinau. Mungkin ada yang lebih dekat dengan tempat tinggal/bekerja anda.
Disertai salam. RA

23 09 2008
KUNCORO

BOLEH SAYA DAPAT BUKU – BUKU ATAU PELAJARAN TENTANG CREDIT UNION

19 01 2011
Moko

Dari pengalaman aktif di lingkungan CU, yang menarik bukan teorinya (bukunya), tetapi kebersamaan dengan rekan-rekan berbeda agama, suku, atau pun usia ….. dan juga tingkat pendapatan.
Di Cibinong (Kopdit Sejahtera), calon anggota kami beri MOtivasi Dasar. Setelah menjadi anggota, kami himbau mengikuti pelatihan Mengelola Keuangan Keluarga. Bagi mereka yang tertarik untuk lebih aktif terlibat, kami sarankan mengikuti Pendidikan Dasar Manajemen Kopdit (PDMK).
Kebetulan saya sudah masuk di kalangan fasilitator pelatihan di Pusat Koperasi Kredit Bogor-Banten.
Salam CU.

23 09 2008
ratna ariani

Terima kasih untuk kunjungannya mas Kuncoro, untuk buku dan pelajaran tentang Credit Union bisa menghubungi CU terdekat. Atau anda bisa visit ke Media Pendidikan CUBG di blog roll di atas. Pelatihan umumnya diberikan kepada anggota-anggota CUBG.

Salam kenal dan terima kasih juga untuk yang sudah mampir dan memberikan commentnya, untuk mbak Dianty, mas h4m7ar0 , mas Hendro juga mas Thomas. Berkah Dalem.

30 09 2008
P Krisno Abadi

Salam Damai Kristus,

Hi, saya sangat tertarik dengan CUBG, mungkin anda berminat untuk mengembangkan di Kota Delta Mas Cikarang Km 37, krena lingkungan saya ( Lingk. St. Kalistus – dari Paroki Ibu Theresa Cikarang ) sedang berkembang untuk kegiatan kegiatan sosial dan semacamnya. Sekian info dari saya.

30 09 2008
ratna ariani

Terima kasih untukkunjungannya pak Krisno. Senang mendengar ada semangat kepedulian di Cikarang. Silahkan menghubungi pengurus CUBG lewat blog http://cubg.blogspot.com/ Mereka pasti siap membantu karena memang disitulah kekuatan berjejaring di CU. Selamat melayani. AMDG/RA

16 11 2008
ana wardoyo

Salam kenal bu,
Saya sebelumnya sudah pernah mendapat presentasi mengenai CU di paroki saya. Waktu itu sudah tertarik, tapi belum jadi anggota. Setelah membaca blog ibu aduh.. saya semakin tertarik. apalagi saat ini butuh mudal untuk mengembangkan usaha. masih kecil sihhhhh bu. terimakasih

10 12 2008
Lani

Selamat siang bu,

Saya sangat tertarik dengan CU. Tapi apakah anak kost bisa ikut CU? Waktu itu pernah ada pameran di Katedral, untuk ikut CU harus punya KK. Saya sudah buat KK tapi di Paroki Damai Kampung Duri karena saya sekarang kost di Jamblang.

Terimakasih
Lani

15 12 2008
ratna ariani

Terima kasih untuk mbak Lani yang begitu semangat ingin ikut CU. Salah satu syarat mengikuti CU memang memiliki KTP dan KK, tapi bukan KK sebagai warga gereja, karena keanggotaan CU terbuka bagi warga lain juga.
Anda bisa menghubungi paroki Kampung duri, yang baru mulai membuka pelayanan CU.

4 01 2009
abing

salam sejahtera Bu…

banyak keluarga saya menjadi anggota CU di kutai barat… dan saya lihat programnya sangat bagus… tapi kalo bisa CU punya perwakilan di balikpapan dan kota-2 besar…. Thnks”

1 03 2009
Eka HMsj

Hebat Bu Ratna,
Hari ini tiap kali buka komputer saya ketemu nama Ibu dengan banyak tulisan yang inspiratif. Di tempat juga diadakan KSP (koperasi simpan pinjam) tapi sering disindir sebagai KSP Sukma alias KSP sukar maju. Sebenarnya maksudnya dulu untuk memudahkan karyawan yang perlu bantuan pinjaman, bisa dilayani dengan cepat. Mudah-mudahan ide CU itu bisa menjadi inspirasi di tempat saya.
Maju terus Bu. Salam AMDG!

12 03 2009
herti

saya orang muda dengan usia 25 tahun yang sangat menjunjung kemandirian dan kreatifitas. Saya salah satu pengurus CU di Jambi. Usia CU di Jambi masih sangat muda kurang lebih 2 tahun. Masih banyak hal yang belum dapat kami akses mengenai CU. mungkin ibu bisa membantu kami. atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

8 04 2009
steven

salam kenal
saya tertarik ingin ikut dan belajar tentang cu
saya tinggal di jakpus
bagaimana kita bisa ikut cu ini
terima kasih
steven

19 01 2011
Moko

Maaf Bu Ratna dan Pak Steven saya memberi tambahan informasi.
CU-CU di Jakarta bergabung dengan Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) DKI yang berkantor di Cempaka Putih. Puskopdit-puskopdit seluruh Indonesia bergabung di Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) berkantor di Jalan Gunung Sahari. Inkopdit-inkopdit dari berbagai negara di Asia bergabung di ACCU yang berkantor di Bangkok.
Tanggal 26 – 29 April ACCU akan merayakan HUT yang ke-40.

3 06 2009
shan

Salam kenal,
ber CU itu asyik yahh…sdh 2 tahun ber CU…gak terasa pinjemanku sudah hampir balik lg dehhhh, walaupun posisi ku ada di jakarta sekarang gak masalah utk join CU di KALBAR, angsurannya bisa dikirim via bank….
bentar lagi pulangg kampunggg….Yay!

6 08 2009
Lusy

Ibu,

Sudah lama saya ingin mengetahui dan bergabung dengan CU, namun sepertinya di paroki saya kurang terdengar. Saya tinggal di BSD. Di mana letak CU yang terdekat untuk bergabung?
Thanks.

13 08 2009
ratna ariani

Terima kasih sudah sempat mampir di blog saya, akan saya usahakan mencarikan kontak untuk disana dan dikirimkan via japri. Semoga bisa ikut bergabung di kemudian hari.

Untuk rekan shan, salam kenal dan selamat sudah bergabung di CU. Dengan kemajuan teknologi tentu pelayanan CU juga bisa berkembang, sehingga anggota bisa tetap bergabung walau sudah pindah kota.

Good luck.

27 08 2009
Tomas

Ibu,
Saya saat ini saya berada di Negara Timor Leste, saya juga seorang anggota cu tetapi saat ini gerakan cu-cu disini masih masih sangat kecil.
Tapi dari pemerintah ingin melakukan funding kepada Cu-CU di Timor Lesete dengan memagangkan anggota guna membiasakan anggota.
Apakah dikalimantan bisa melakukan kerja sama dengan pemerintah Timor-Leste?

Good luck

27 10 2009
at malensang

Setelah membaca beberapa artikel ibu tentang CU, saya tertarik dengan program ini dan mau bergabung dengan CU Tapi bagaimana ya ? posisi saya saat ini ada di sulawesi utara. Dapatkah ibu memberi informasi kepada saya tentang CU lewat e-mail saya ? atau bagaimana caranya bergabung dengan CU ?

Trima kasih atas kebaikan ibu.
Saloom

3 05 2011
paskalis v. taulu

maaf bu Ratna, saya ingin membagikan informasi kepada sdr at malensang, bahwa kalau anda berada di Sulawesi Utara (Manado dan Sekitarnya), maka anda dapat bergabung dengan CU “Bersatu” Manado yang berkantor di Jalan Toar no. 1 atau dapat mencari informasi langsung di paroki Hati Tersuci Maria Katedral Manado.

26 11 2009
Louis Finan Tjendera,mr

Salam Sejahtera

Untuk informasi, kalau ada anggota CU yang berminat membeli bibit sayuran, buah atau bunga bisa menghubung saya .

website kami : http://www.productmedan.com

Atau bisa hubungi telepon : 061 77856847

Hormat saya,

Louis Finan Tjendera,mr

2 04 2010
Muji p

salam sejahtera,

Saya domisili di yogyakarta dan tertarik untuk bergabung dengan CU, apakah di sana sudah ada credit union ? dan alamatnya di mana ?
terima kasih dan GBU

24 04 2010
Yodi

salam kenal?
saya Yodi ingin belajar tentang CU, bagaiman caranya?
saya berdomisili di Kota padangsidimpuan Sumatera Utara
thanks

28 05 2010
FELIX

salam kenal dan terima kasih atas infonya tentang credit union. Saya sedang merintis salah satu CU di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Meskipun sudah berjalan 9 bulan tetapi pertumbuhan anggota sangat lamban. Per-akhir Mei 2010 jumlah anggota baru 305 orang dengan aset 748 juta. Karena itu saya meminta kepada ibu untuk informasi perkembangan CU ke alamat email saya, atau ke lembaga CU yang saya rintis pelitakasihcu@yahoo.co.id.
Ok.
Good luck.

9 06 2010
Eduard Koemoro

Omnia Ad Maiorem Dei Gloriam
Salam kenal mbak Ratna Ariani,saya Eduard Koemoro,kebetulan 10 tahun terakhir ini saya sedang belajar untuk mengenal CU,saya sangat setuju dengan mbak Ratna, CU sangat kental dengan semangat kasih,Evangelizare Pauperibus Misit Me…..,dan seperti begitu kita menceburkan diri di CU,kita harus siap dengan semangat melayani dengan hati nurani…..kalau di Kalbar,CU begitu pesat,itu juga tidak lepas dari support Gereja dan tentu totalitas dedikasi para insan CU disana…..di tempat lain(saya kebetulan tinggal di wilayah Bogor),support dari Keuskupan(dalam hal ini PSE atau apapun) agak susah diharapkan spt d kalbar,tetapi at least masih modal satu lagi dedikasi total yang dilandasi kasih kita miliki,hanya sedihnya(in fact) masih ada sementara saudara2 kita yang berkarya di CU tetapi menjadikannya sebagai ajang aji mumpung cari kesenangan sendiri…..lebih celaka lagi menganggap CU sebagai perusahaan pribadi…..,mimpi sich di luar kalbar lahir Lantang Tipo-Lantang Tipo lain,juga di wilayah Bogor-Banten…..mari kita bergandeng tangan,membangun jaringan agar kasih menebar merata pada siapapun melalui CU…..Jezu Ufam Tobie.

20 06 2010
Yulia PI

Saya baru pindah dari Jakarta ke Papua, ketika di Jakarta saya ikut mengembangkan Cu untuk komunitas perempuan di pinggir kali Ciliwung Kalibata dan di Pinggir kali Sunter Klender. Sekarang ingin bergabung dengan CU yang baru mulai di bentuk di Papua Selatan tepatnya di Kabupaten Mappi- Kepi. Orang Papu belum terbiasa menabung, pola hidup meramu ke Pola hidup bertani masih perjuangan disini. Maka para penggiat CU sedang bekerja keras untuk itu. Karena Prinsip CU adalah yang bisa menolong orang miskin adalah orang miskin itu sendiri ini yang mau kita hidupkan.

8 07 2010
Michael Wiratmoko

Baru hari ini saya sempat melihat blog Ibu Ratna. Terima kasih atas berbagai infonya.

14 01 2011
febria

Saya berminat untuk menjadi anggota CU. Lokasi saya di Surabaya. Klalau tidak keberatan saya ingin meminta info tentang kantor cabang CU diwilayah Surabaya beserta contact personnya. Terimakasih sebelumnya. Salam

12 09 2011
Joseph E. fauzi

CU di Surabaya ada beberapa . salah satu nya adalah CU SS – Swadaya Sejahtera. Lokasi di Jl. Pakis Tirtosari VII / nr. 75. telpon 031-562 42 72 . Buka jam 8:30 – 15:30 (senin – sabtu) atau bisa ke TP Algo paroki Aloysius Gonzaga. ttp hanya buka Minngu pagi.8:00 – 11:00 . Bisa kontak sy di 0818 57 08 57 (CU.ALGO@YAHOO.COM) kalo masih kurang jelas..

19 01 2011
ratna ariani

Terima kasih mbak febria sudah mampir ke blog ini. Tentang CU di surabaya setahu saya ada dibawah koordinasi PSE Keuskupan Surabaya, silahkan klik info selanjutnya di http://pse-keuskupansurabaya.blogspot.com/

salam
RA

7 03 2011
wilhelmus

saya mo tnya alamat kantor CU di jogjkarta apa kh ada??

thx

6 04 2011
narya

lam knal Mbak …
Saya boleh minta alamat serta no tlp Cu d jakarta. ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. terima kasih

28 04 2011
Gengsi Sutjahjo

Saya pengurus Kopdit SEJAHTERA Cibinong,bareng pak Moko & pak Eduard Koemoro. Senang bisa kontak sesama pemerhati CU. Saya ingin belajar banyak tentang CU

17 06 2011
Junia

Omnia Ad Maiorem Dei GloriamSalam kenal mbak Ratna Ariani,saya Eduard Koemoro,kebetulan 10 tahun terakhir ini saya sedang belajar untuk mengenal CU,saya sangat setuju dengan mbak Ratna, CU sangat kental dengan semangat kasih,Evangelizare Pauperibus Misit Me…..,dan seperti begitu kita menceburkan diri di CU,kita harus siap dengan semangat melayani dengan hati nurani…..kalau di Kalbar,CU begitu pesat,itu juga tidak lepas dari support Gereja dan tentu totalitas dedikasi para insan CU disana…..di tempat lain(saya kebetulan tinggal di wilayah Bogor),support dari Keuskupan(dalam hal ini PSE atau apapun) agak susah diharapkan spt d kalbar,tetapi at least masih modal satu lagi dedikasi total yang dilandasi kasih kita miliki,hanya sedihnya(in fact) masih ada sementara saudara2 kita yang berkarya di CU tetapi menjadikannya sebagai ajang aji mumpung cari kesenangan sendiri…..lebih celaka lagi menganggap CU sebagai perusahaan pribadi…..,mimpi sich di luar kalbar lahir Lantang Tipo-Lantang Tipo lain,juga di wilayah Bogor-Banten…..mari kita bergandeng tangan,membangun jaringan agar kasih menebar merata pada siapapun melalui CU…..Jezu Ufam Tobie.
+1

19 06 2011
Sairus Tappe

mohon infonya bu, bagaimana caranya dan apa persyaratan untuk bergabung
Trima kasih

8 07 2011
rany

saya slah satu anggota di kopdit sehati Baa meski anggota kami bru krang lebih 9 ratusan tp asetnya lumayan bagus.cu ini banyak membntu kami.thanks cu……….

10 09 2011
Hanny Roring

Saya tertarik untuk bergabung dgn Credit Union. Saya berdomisili di Manado. Apakah ada CU disini. Mohon informasi. Mksh

10 09 2011
Hanny Roring

Saya tertarik untuk bergabung dgn Credit Union. Saya berdomisili di Manado. Apakah ada CU disini. Mohon informasi ALAMAT yg Jelas dan TELPONnya. Mksh

14 09 2011
Michael Wiratmoko

Asyik juga mewartakan Kabar Gembira (Injil) lewat wordpress. Semoga bukan hanya orang Katholik saja yang kecanthol CU, sehingga secara sosial ekonomi semakin banyak saudara kita yang “diselamatkan”.
Salam CU.
Wiratmoko

17 09 2011
efpau

@Hanny Roring ,, coba tanya di greja.. shrs nya di Manado ada bbrp..
@Rany.. CU lokasi nya diaman .. Bravo !

22 09 2011
rany

saya salh satu anggota di cu yg berada di Rote- NTT.senang bs bergabung dg yg lain di sini.Cu sangat mmbantu saya.Thanks CU….

30 09 2011
Niko

Salam CU Bu Ratna, mampir juga di http://www.cumiblokq.wordpress.com

30 09 2011
Josey

Omnia Ad Maiorem Dei Gloriam
Salam kenal mbak Ratna Ariani,saya Eduard Koemoro,kebetulan 10 tahun terakhir ini saya sedang belajar untuk mengenal CU,saya sangat setuju dengan mbak Ratna, CU sangat kental dengan semangat kasih,Evangelizare Pauperibus Misit Me…..,dan seperti begitu kita menceburkan diri di CU,kita harus siap dengan semangat melayani dengan hati nurani…..kalau di Kalbar,CU begitu pesat,itu juga tidak lepas dari support Gereja dan tentu totalitas dedikasi para insan CU disana…..di tempat lain(saya kebetulan tinggal di wilayah Bogor),support dari Keuskupan(dalam hal ini PSE atau apapun) agak susah diharapkan spt d kalbar,tetapi at least masih modal satu lagi dedikasi total yang dilandasi kasih kita miliki,hanya sedihnya(in fact) masih ada sementara saudara2 kita yang berkarya di CU tetapi menjadikannya sebagai ajang aji mumpung cari kesenangan sendiri…..lebih celaka lagi menganggap CU sebagai perusahaan pribadi…..,mimpi sich di luar kalbar lahir Lantang Tipo-Lantang Tipo lain,juga di wilayah Bogor-Banten…..mari kita bergandeng tangan,membangun jaringan agar kasih menebar merata pada siapapun melalui CU…..Jezu Ufam Tobie.

+1

30 11 2011
hendra darmawan

saya tinggal di bsd paroki st monika,say mau jadi anggota cu kemana say harus menghubunginya? terima kasih

1 12 2011
Michael Wiratmoko

kalau tidak salah, CU terdekat dengan BSD adalah “Usaha Sejahtera” di Gereja Trinitas, Jl. Bambu Kuning 9, No 3b. Teleponnya 021 5456324. Semoga semakin banyak orang dibantu.
Salam,
Moko (KKS Cibinong Bogor)

1 12 2011
Michael Wiratmoko

Kabar Gembira.
Koperasi Kredit Sejahtera, Cibinong telah berhasil membuka Kantor Wilayah Utara (KKS Witar) di daerah Cisalak. Kami juga merintis CU online.
Mohon doa agar KKS bisa menyusul Pancur Kasih dan Lantang Tipo.
Salam
Moko

19 02 2012
Mandiri Bangsaku

Saya tertarik dengan CU ini
Tapi saya sering bingung perihal CU ini :
– jika saya ingin bergabung musti ke CU mana?
– Apakah semua CU berbasis Katolik?
– Apa saja nilai lebih dari masing-masing CU Katolik ini?
Apalagi di tiap paroki (setidaknya di 2 Gereja di kevikepan saya yg. saya jelas tahu) ada juga CU, yg. buka ruangan/lapak/kantor.
– Apakah program kerja setiap CU sama?
– Adakah CU induk yg. menjadi pusat dan regulator dari banyaknya CU Katolik yg. ada di Indonesia ini?

20 02 2012
ratna ariani

Terima kasih sudah berkenan mampir di blog ini semoga semakin berminat mendalami Credit Union. Menjawab pertanyaan bapak/ibu, berikut ini jawaban singkat dari romo AAnt. Sumarwan SJ (MRW)sendiri tentang CU:

– jika saya ingin bergabung musti ke CU mana?
MRW: Cari saja CU terdekat atau CU yang menurut Anda menarik.

– Apakah semua CU berbasis Katolik?
MRW: CU adalah gerakan ekonomi kerakyatan yang terbuka untuk umum, meski perintisnya kebanyakan orang katolik dan berkembang mulai dari lingkungan katolik. Saat ini ada beberapa CU yang berakar pada kelompok masyarakat non Katolik. CU Muara Pesisir di Kalimantan Barat, misalnya, digerakkan dan beranggotakan oleh saudara-saudara yang
beragama Islam. Demikian juga CU Sehati di Jakarta.

– Apa saja nilai lebih dari masing-masing CU Katolik ini?
MRW: Nilai lebih dari CU adalah CU memberikan pinjaman dengan bunga ringan, simpanan dengan bunga tinggi dan perlindungan (asuransi) kepada anggotanya. Selain itu CU juga mendidik anggota supaya dapat mengelola keuangan dengan baik.

Apalagi di tiap paroki (setidaknya di 2 Gereja di kevikepan saya yg saya jelas tahu) ada juga CU, yg. buka ruangan/lapak/kantor.
MRW: Tidak semua paroki mempunyai CU. Gerakan CU sebenarnya otonom dari Gereja. Hanya cukup banyak Gereja mendukung gerakan CU karena Gereja juga punya misi untuk menyejahterakan masyarakat.

– Apakah program kerja setiap CU sama?
MRW: Masing-masing CU mempunyai program kerja sendiri-sendiri, namun tujuannya sama, yaitu mengembangkan lembaga CU dan menyejahterakan anggota. Produk pelayanannya biasanya satu sama lain agak mirip.

– Adakah CU induk yg. menjadi pusat dan regulator dari banyaknya CU Katolik yg. ada di Indonesia ini?

MRW: CU mempunyai Pusat dan Induk. Beberapa CU di tingkat daerah (beberapa kabupaten atau propinsi) membentuk Pusat CU atau Pusat Koperasi Kredit (Koperasi Kredit adalah nama lain CU dalam Bahasa Indonesia), misalnya BKCU Kalimantan, Pusat Koperasi Kredit Jakarta,
Pusat Koperasi Kredit Sumatera Utara dll. Di Indonesia ada sekitar 40 Pusat Koperasi Kredit, sementara CU-nya ada sekitar 900 CU. Pusat Koperasi Kredit kemudian membentuk jaringan tingkat nasional yang disebut sebagai Induk Koperasi Kredit. Kantornya ada di Gunung Sahari. Total Anggota CU di Indonesi sekarang ini lebih dari 1,7 juta orang dengan total aset lebih dari 11 trilyun.

marwan

22 02 2012
Mandiri Bangsaku

Terima kasih Bu, atas jawabannya.
Semoga Tuhan memberkati.

1 03 2012
ardhybento

Salam kenal Ibu Ratna… Saya ketua Koperasi di kota Parepare, Sul-Sel, dengan nama “Koperasi Karya Sejahtera”… Saat RAT ditahun ini kami merencanakan untuk ber PKS dengan PT.POS INDONESIA DIVRE X SULAWESI dalam segmen kredit pensiun, namun kami terbentur di masalah dana yang akan kami salurkan ke pensiun… Planning kami di tahun 2012 ini menyalurkan kredit ke pensiunan sebanyak 10M… Dapatkah CU membantu Koperasi kami dalam penyaluran kredit pensiunan tersebut? Terima Kasih atas perhatiannya.

Salam

Ardhy

25 03 2012
aji

dasar berkoperasi
3 M
rajin menyimpan (menabung), rajin meminjam (untuk modal usaha)
dan rajin mengangsur (tepat waktu)

salam kopdit !

15 04 2012
Marwan

Blognya sangat menarik dan pastinya bermanfaat. Salam

16 04 2012
Wirat

sicundo. CU Perekat Keuskupan Bandung telah mengembangkan Sistem Informasi untuk CU yang sudah dilengkapi dengan sms gate way. Dimana pun anggota CU berada, bisa mengetahui posisi simpanan dan pinjamannya melalui sms. KKS Cibinong siap ikut mendukung program Sicundo.
salam CU

22 06 2012
Mulyani

Bagaimana lika-liku mendirikan CU? Asuransi macam apa bagi anggotanya? Amankah dana anggota? Apakah pengurusnya/pelaksananya juga anggota?

8 08 2012
hendrikus

halo ibu ratna, mohon info tentang profile cu yg beroperasi di katedral bandung, trms.

9 08 2012
Wirat

Maaf Ibu Ratna. boleh saya bantu memberi sedikit jawaban.
cu yang beroperasi di katedral bandung adalah CU Perekat. Berkantor di Grand Royal Panghegar, L2-02. Jl. Merdeka No.2, Bandung. Tlp (022) 4208372-76.

20 08 2012
Sigit

Salam Damai, saya mau tanya. kalau pinjam di CU terus karena sesuatu hal pada bulan ini saya tidak bsa memenuhi kewajiban mencicil, apakah ada denda yang harus dibayar atau hanya membayar bunga saja? terimaksih. (bisa jawaban dikirim ke email saya? LAart_sigit@yahoo.co.id)

27 08 2012
manahan sinaga

salam sejahtera,nama saya manahan sinaga.
saya termasuk nasabah cu hati nurani,yang saya tanyakan apakah pihak cu berhak menyimpan buku tabungan,karena saya kehilangan uang 40 jt,pada saat saya memberikan uang tersebut ke pihak cu,mereka tidak memberikan slip penyetoran,karena saling mempercayai dan buku tabungan juga ada pada pihak cu, saya tidak ragu.2 blan kemudian saya cek ternyata uang tersebut tidak masuk ke rekening,magai mana solusinya.
manahan_dragon@yahoo.com<081363150469)

24 09 2012
Frans

Terima kasih telah ikut memperhatikan masyarakat dalam memperkenalkan credit union, kami sangat terbantu sekali dengan ada nya blog ini. Kunjungi juga website kami di http://www.cupk.org untuk kita saling bertukar pendapat tentang credit union.

23 11 2012
sbudhi@indosat.net.id

Bu Ratna Yth;
Mudah2an UPAYA anda memberitakan Credit Union ini dapat berbuah banyak – dan bahkan BERLIMPAH dengan memperbandingkan dengan pengalaman GRAEEN BANK di Pakistan.
Ada baiknya – nanti sesekali kegiatan ini dapat DILIPUT oleh Jakarta-Media.com; yang akhir2 ini mulai dikenal oleh masyarakat luas; juga “Indonesia Media” yang walauutk masyarakat INdonesia di LN – tapi juga dibaca oleh Masyarakat Indonesia.
Semoga SUKSES terus.
Salam untuk Pak Bambang Ismawan !

26 01 2013
dinicareshop

selamat pagi ,
saya dengan Dini , saya pernah mendatangi salah satu CU di daerah jakarta utara , tapi koq pelayanan nya sangat tidak ramah ya , padahal saya hanya membutuhkan informasi saja tentang CU ini , bila ada yang berkenan menjelaskan , bisa email ke mulyanicapriana@yahoo.com , terimakasih , Tuhan memberkati

27 01 2013
Ari Wibowo Der Tenor

Salam dalam Damai Tuhan,
Ibu Ratna yg baik, saya Ari Music Teacher di sekolah Swasta National plus smp dan sma di menteng jakarta. Selain itu juga sebagai penyanyi dan music organizer. Sungguh merasakan keuntungan sebagai anggota CU meski hanya baru berjalan 2 bulan, namun menurut saya RUARRRRR BIASAAAA.. Bisa bergabung sbg anggota CU.. Mulai dari pinjaman hingga tabungn kapitalisasi yg semakin memacu saya utk bisa menggapai impian saya, salah satunya untuk memiliki “tunggangan besi” saya kelak, yg Puji Tuhan saya optimis, bs saya gapai di bulan ke 6 tahun ini. Hehehe…..
Untuk para Calon anggota, JGN RAGU… WUJUDKAN IMPIAN KALIANN…bersama CU, kita MAJU BERSAMA….

28 05 2013
eviriyanti

Bu Ratna, kalau ingin tahu lebih banyak tentang CU, apakah di solo dimanakah tempatnya?

26 07 2013
dhanang

slm sejahtera,
Ibu Ratna, klo CU di wilayah cikarang ada tdk ya?

26 08 2013
agung

Setiap pulang kampung di yogyakarta (P Klepu), saya hanya terbengong2 saat umat ngobrol soal CU yg lagi berkembang pesat di sana ….. dan waktu balik lagi ke cikarang, gak ada yang tahu tentang CU. Padahal saya ingin ikut atau mendirikannya. Mohon info dan bimbingan dr Bu Ratna utk mekanisme dan prosedur pendiriannya (utk P Ibu Teresa, Cikarang). Nuwun …

18 11 2013
fieretta kasih

saya sedang butuh dana untuk usaha warung kecil di rumah. Cari pinjaman dana untuk usaha saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: