Malaikat Pelindung “Baby Sitter” Kita Seumur Hidup

2 10 2012
“Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah BapaKu yang di sorga.”
Pernahkah anda memperhatikan betapa riuhnya keadaan hari-hari pertama anak-anak TK dan SD bersekolah? Kita banyak menjumpai para ibu yang dengan setia ingin memastikan bahwa anak-anaknya bisa menghadapi suasana pergantian lingkungan dari rumah ke sekolah dengan gembira. Tidak jarang memang dijumpai beberapa anak masih menangis, tidak mau ditinggal ibunya. Bahkan beberapa ibu berusaha mendapatkan ijin gurunya agar boleh mendampingi si anak beberapa waktu di kelas. Tentu saja umumnya para guru ini tidak akan membiarkannya, mereka berharap anak-anak cepat mandiri dan dapat beradaptasi dengan singkat. Banyak sekolah menerapkan aturan para penunggu/pengantar diminta menunggu diluar garis batas tertentu. Setelah lewat beberapa waktu, umumnya para ibu menyerahkan ‘penjagaan’ terhadap anak-anak mereka pada para baby sitter.
Baby sitter menjadi pengganti para ibu dalam melayani anak-anaknya. Kalau anda perhatikan merekalah yang paling sering ditelpon oleh para ibu untuk menanyakan keadaan anaknya. Apakah anak-anak sudah makan, sedang berbuat apa, apakah sudah diganti baju kalau basah, termasuk mereka sedang bermain apa dsb. Ada juga orangtua yang memasang CCTV dirumah untuk memastikan bahwa anaknya ‘aman’ dan sekaligus mengecek apakah para baby sitter ini bisa dipercaya untuk menjaga anak-anak yang dicin Read the rest of this entry »




Kapel Stasi Pojok

29 09 2011
Stasi pojok adalah salah satu stasi dari Paroki St. Petrus dan Paulus Klepu Yogyakarta. Umat di stasi pojok berjumlah sekitar 2200 orang dari keseluruhan umat paroki Klepu yang berjumlah sekitar 9000 orang. Gereja Stasi Pojok berlindung pada St. Yohanes Chrisostomus. Pada hari Kamis, 29 September 2011; stasi ini mengadakan perayaan Ekaristi ulang tahun stasi Pojok yang ke-29. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. Martasudjita, Pr didampingi oleh Rm. J. Kristanto, Pr (Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Yogyakarta) serta Rm. Murdisusanto, Pr dan Rm. Hartanta, Pr (pastor paroki Gereja St. Petrus Paulus Klepu). Salah satu imam yang berkarya lagi yang berkarya di paroki ini, yaitu Rm. Supranowo tidak bisa mengikuti perayaan Ulang tahun ke-29 stasi ini karena ada acara di Ambon.
Dalam Perayaan Ekaristi ulang tahun ini, sekaligus juga dibuka kapel adorasi ekaristi abadi yang ketiga di paroki ini. Sebelumnya sudah ada dua yang tumbuh dan berkembang di paroki ini, yaitu kapel adorasi Ekaristi abadi di stasi Daratan dan di Kapel Gua Maria Jatiningsih. Setelah ekaristi yang dimulai pukul 15.oo itu selesai pada pukul 17.oo, para petugas jaga bakti adorasi langsung bertugas di kapel adorasi ini. Dalam perayaan ulang tahun stasi ke-29 ini, tidak ada perayaan ramah tamah bersama umat atau pesta umat seperti biasanya, tetapi langsung dilanjutkan dengan adorasi. Pesta umat diganti dengan pesta iman, yaitu adorasi ekaristi abadi. Dalam Perayaan ekaristi ini, umat yang hadir sekitar 700 orang. Memenuhi gedung gereja dan juga kursi-kursi yang disediakan panitia di luar gedung gereja. Bahkan beberapa umat rela berdiri mengikuti perayaan ekaristi ini. Read the rest of this entry »




KUTIPAN DARI KATEKISMUS GEREJA KATOLIK : Adanya Malaikat

28 09 2011

Adanya Malaikat – Satu Kebenaran Iman

328 Bahwa ada makhluk rohani tanpa badan, yang oleh Kitab Suci biasanya dinamakan “malaikat”, adalah satu kebenaran iman. Kesaksian Kitab Suci dan kesepakatan tradisi tentang itu bersifat sama jelas.

Siapakah Mereka Itu?

329 Santo Agustinus mengatakan: ” `Malaikat` menunjukkan jabatan, bukan kodrat. Kalau engkau menanyakan kodratnya, maka ia adalah roh; kalau engkau menanyakan jabatannya, maka ia adalah malaikat” (Psal. 103,1,15). Menurut seluruh keadaannya malaikat adalah pelayan dan pesuruh Allah. Karena “mereka selalu memandang wajah Bapa-Ku, yang ada di surga” (Mat 18:10), mereka “melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya” (Mzm 103:20).

330 Sebagai makhluk rohani murni mereka mempunyai akal budi dan kehendak; mereka adalah wujud pribadi dan tidak dapat mati. Mereka melampaui segala makhluk yang kelihatan dalam kesempurnaan. Cahaya kemuliaannya membuktikan itu.

Kristus “Bersama Semua Malaikat-Nya” Read the rest of this entry »





Gadis Kecil dan Malaikat

9 08 2011

Siang itu matahari begitu terik, kulirik jam pada pergelangan tanganku…Hmm…sudah jam 14.00..segera kuarahkan motorku menuju Katedral. Pikiranku dilanda kepenatan yang luar biasa…biasalah…urusan pekerjaan yang tidak ada habis-habisnya…aku pikir..biarlah aku ngadem sebentar di Katedral ini, melepaskan kepenatanku. Sesampainya di Katedral, setelah kukunci motorku, aku melangkah masuk melalui pintu samping yang selalu terbuka, mengundang umat untuk menghormati Sakramen Ekaristi Kudus setiap saat, kemudian aku duduk dan mataku menyapu seisi ruangan di Katedral. Tiba-tiba mataku terpaku kepada seorang gadis kecil, berumur 11 tahun kira-kira…ia sedang khusuk berdoa Rosario..gadis kecil itu lucu, mulut mungilnya komat-kamit mendaraskan doa Salam Maria dan tangan mungilnya menggenggam rosario, rambutnya dikepang 2…Wah…sungguh pemandangan yang menyejukkan hatiku…berdua bersama seorang gadis cilik nan lucu di Katedral.

Tidak seperti gadis mungil tersebut, aku tidak berdoa sama sekali…aku hanya mengeluh kepada Tuhan mengenai beban-beban hidupku yang makin lama makin berat..anakku yang kedua tahun ini mau masuk SD, perlu biaya yang amat besar dan anakku yang pertama mau masuk SMA…belum lagi cicilan rumah yang cicilannya tidak pernah selesai-selesai….wah..kepala ini rasanya mau pecah berantakan, mengingat begitu banyak beban yang harus ku pikul..sehingga buntu nian pikiranku… Read the rest of this entry »





Wanita Diberkati

21 12 2010

“Diberkatilah engkau di antara semua perempuan ”.

Berikut saya postingkan kisah fiksi penciptaan wanita yang beredar di berbagai milis beberapa waktu lalu. Paling tidak menyadarkan para wanita betapa berharganya ia, juga menyadarkan para pria bagaimana mereka menghormati dan memperlakukan wanita seharusnya. Entah itu ibunya, saudara perempuan atau kawan serta anak buahnya.

Ketika Tuhan menciptakan wanita, Malaikat datang dan bertanya, “Mengapa begitu lama Tuhan?”
Tuhan menjawab, “ Sudahkah engkau lihat semua detail yang Aku buat untuk menciptakan mereka? Dua tangan ini harus bisa membersihkan, tetapi bahannya bukan dari plastic. Setidaknya terdiri dari 200 bagian, yang bisa digerakkan dan berfungsi baik untuk segala jenis makanan. Mampu menjaga banyak anak saat bersamaan, punya pelukan yang dapat menyembuhkan sakit hati dan keterpurukan…dan semua dilakukannya dengan dua tangan ini”.

Malaikat itu takjub, “ Hanya dengan 2 tangan?…Impossible!”
“ Oh tidak!!Aku akan menyelesaikan ciptaan hari ini, karena ini adalah ciptaan favoritku, oh iya dia juga akan mampu menyembuhkan dirinya sendiri dan bisa bekerja selama 18 jam sehari”.

Malaikat mendekat dan mengamati bentuk wanita ciptaan Tuhan itu, “ Tapi Engkau membuatnya begitu lembut Tuhan?”
“ Yah, Aku membuatnya begitu lembut, tapi engkau belum bisa bayangkan kekuatan yang Aku berikan agar mereka dapat mengatasi banyak hal yang luar biasa”. Read the rest of this entry »





Mikael, Gabriel dan Rafael, Malaikat Agung

29 09 2010

Setiap tanggal 29 September, Gereja merayakan peringatan para malaikat agung. Nama-nama mereka diyakini sebagai Mikael, Gabriel dan Rafael. Siapakah mereka dan apakah peran serta tugas mereka? Mari kita baca uraian berikut ini.

Mikael, yang berarti ‘Siapakah yang sama dengan Allah?’ adalah malaikat agung Allah dan panglima bala tentara surga. Dalam iman Kristen, Mikael dikenal sebagai pembela kaum beriman menghadapi serangan musuh. Cerita-cerita klasik tentang malaikat agung Mikael umumnya bersumber pada Kitab Wahyu Yohanes yang menggambarkan pertentangan antara Yang Baik dan yang jahat. Dalam Wahyunya, Yohanes menulis: “Mikael bersama malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di surga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama dengan malaikat-malaikatnya” (Why 12:7-9).

Gabriel berarti “Kekuatan Allah”. Dalam tradisi Kristen malaikat agung ini dikenal sebagai pembawa kabar gembira dari Tuhan kepada manusia. Peranannya sebagai pelayan dan utusan Allah sudah dikenal umat Allah semenjak masa Perjanjian Lama, namun peran terbesarnya ada dalam Perjanjian Baru. Ia adalah pembawa kabar gembira dari Allah kepada Zakarias dan terutama kepada Maria, sang dara murni yang terpilih: ‘Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazareth, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria’ (Luk 1:26-38). Read the rest of this entry »





Melihat dan Mengenal Tuhan

22 07 2010

“Aku telah melihat Tuhan!”

Semenjak dipercaya menduduki beberapa posisi dalam kepengurusan harian di beberapa organisasi, saya berkesempatan untuk lebih sering bertemu dan akhirnya mengenal beberapa pengurus yang sering disebut ‘tokoh’ atau setingkat ‘seleb’ lah. Bahkan beberapa orang teman meledek juga wah… sudah masuk ‘elit’. Jengah juga rasanya mendengar sebutan itu, sepertinya tidak ada yang berubah dari saya. Seperti judul lagu “Aku masih seperti yang dulu”, saya masih suka jahil becanda ganggu teman; kalau ketawa suka lupa tempat bisa cewawakan… saru kata orang jawa, gak boleh anak perempuan begitu katanya. Wah syusyah dong, capek kalau harus ja’im dan kata ‘ja’im’ gak ada dalam uraian tugas tanggungjawab pengurus harian. Apalagi dalam kamus saya, apa adanyalah – mungkin ja’im kelihatannya kalau baru bertemu dan belum kenal dekat. Bukannya jaga image (ja’im) tapi justru memperhatikan apakah lawan bicara saya dan sekitar saya punya ‘chemistry’ yang sama, punya orbit serupa serta visi yang sama. Kalau sudah cocok, yuuuuk mareeeee….

Mungkin inilah yang membedakan orang-orang yang sekedar bertemu dan melihat satu sama lain, dengan orang-orang yang bertemu dan bisa saling mengenal. Kalau hanya sekedar bertemu pandang sekali dua kali, agak sulit kita mengenal seseorang. Tetapi dengan berjalannya waktu, frekwensi pertemuan lebih tinggi, sering bercakap-cakap akhirnya bisa bercanda, membuat satu sama lain menjadi lebih dekat. Dan akhirnya bisa mengenal kebiasaan-kebiasaan satu sama lain. Si ini sukanya makan kacang pilus, si anu suka ngomong jorok, si inu kalau datang pasti terlambat dan duduk dekat pintu keluar biar bisa menyelinap keluar duluan. Belum lagi si itu yang kalau datang pasti bawa makanan dan harus dihabiskan didepan dia, padahal kita-kita barusan makan. Yah macem-macem deh karakter manusia. Ternyata seleb dan para tokoh pun manusia juga kok, ada kekuatan dan kelemahannya juga. Bisa meledak-ledak tapi bisa becanda juga. Saya hanya bisa bersyukur kalau berada diantara mereka, paling tidak saya bisa belajar dari kepiawaian mereka, tukar pikiran dan lebih mengasah ketajaman analisa saya. Gak ada yang ‘kebetulan’ kan kalau kita adalah umat yang percaya bahwa Tuhan pencipta segalanya, termasuk kesempatan-kesempatan seperti itu? Read the rest of this entry »