Lebih Takut Pada Tuhan Atau Lebih Takut Pada Hantu ?

4 02 2013

Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: “Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!”

Di jaman serba teknologi canggih seperti sekarang ini, dengan mudahnya kita semakin jarang menggunakan otak untuk berpikir panjang. Cari informasi apa saja tinggal mampir ke mbah google, tanpa telpon tinggal pencet-pencet gadget dan dalam hitungan detik sudah dapat ribuan jawaban. Tetapi dengan segala kecanggihan teknologi, perilaku kitapun terekam didalamnya. Seberapa sering kita mengunjungi web tertentu pasti akan meninggalkan jejak, bahkan kemana kita pergi sudah tercium baunya tanpa perlu CCTV.

Nah dari kecanggihan teknologi internet, kita bisa mengetahui perilaku netter saat masuk ke suatu situs, termasuk ke blog ini. Rupanya kata-kata mengandung setan, 666, iblis digunakan lebih dari 3,379 x cukup banyak bila dibandingkan dengan kata Yesus yang di search 4,185 x. Keingintahuan tentang kekuatan setan/iblis hampir sama dengan keingintahuan netter terhadap Yesus.  Pertanyaan tentang kuasa iblis, kerasukan setan dan sekitar kuasa gelap cukup banyak dikirimkan juga. Hal yang lebih penting sebenarnya adalah seberapa jauh pengalaman hidup yang kita alami bersama Yesus, bukankah itu sudah cukup untuk meyakinkan kita akan jaminan hidup kekal? Masih perlukah kita alami hidup bersama dengan kuasa setan? Bacaan hari ini mengisahkan betapa dahsyatnya kuasa Iblis yang menguasai manusia, kekuatannya merusak segala yang ada bahkan mengancam jiwa manusia. Tetapi kekuatan sebesar itupun tunduk dalam kuasa Kristus, setanpun tahu ia tidak akan mampu mengalahkan Sang Kristus.

Apa yang dikisahkan didalam bacaan Injil tentang bagaimana kuatnya ikatan iblis pada manusia, juga tidak jauh berbeda dengan yang kita lihat di sekeliling kita saat ini. Betapa rakusnya manusia dalam menumpuk kekayaan, ketamakan telah membuat hatinya mati, tidak lagi memiliki perasaan dan senantiasa tega untuk menindas kehidupan manusia lainnya. Perilaku korupsi yang merugikan negara serta mengorbankan kepentingan rakyat, perilaku para penyelundup dan bandar narkoba yang menghancurkan ribuan nyawa bahkan menghancurkan generasi muda, masih ditambah perilaku pemimpin yang jauh dari teladan merupakan bukti betapa kuatnya pengaruh si jahat menguasai kehidupan manusia sehiingga amatlah sulit melepaskannya tanpa bantuan Sang Mesias.

Marilah kita senantiasa mengarahkan hidup kita sejalan dengan panggilanNya, Dialah kompas kebenaran dalam hidup kita. Dialah Jalan utama menuju keabadian. Tiada hal yang perlu diragukan, tidak perlu lagi mencari-cari alternatif lain, tidak perlu kita coba-coba mencari hal lain yang kelihatannya mudah tetapi bakal menjerat kita ke dunia gelap. Ia telah memberikan segalanya agar kita beroleh hidup kekal. Kita hanya diminta untuk tunduk dan setia sampai kesudahannya, tanpa ragu tanpa bimbang. Marilah kita balas cintaNya dengan menjadi taat dan setia hari lepas hari.

=======================================================================================

Bacaan Injil  Luk 5:1-20
Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia. Orang itu diam di sana dan tidak ada seorang pun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorang pun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, dan dengan keras ia berteriak: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!” Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: “Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!” Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: “Siapa namamu?” Jawabnya: “Namaku Legion, karena kami banyak.” Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu. Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan, lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: “Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!” Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: