SRI PAUS: KAPITALISME TIDAK TERKENDALI.

2 01 2013

http://m.news.viva.co.id/news/read/378810-pesan-paus-di-2013–kapitalisme-tak-terkendali

Paus Benediktus menyatakan Tahun Baru 2013 seharusnya menjadi tahun perdamaian meski dunia berada di bawah kapitalisme, terorisme dan kriminalitas yang tak terkendali. Paus berharap, Tahun Baru semoga menjadi awal bagi kedamaian bagi seluruh umat manusia.

Pesan itu disampaikan Paus berusia 85 tahun itu di depan massa 10 ribu orang yang berkumpul di Basilika Santo Petrus, Selasa 1 Januari 2013. Umat Katolik sedunia merayakan hari itu sebagai Hari Perdamaian Dunia.

“Tahun baru seperti sebuah perjalanan. Dengan cahaya dan berkat Tuhan, dia bisa menjadi awal langkah perdamaian bagi setiap manusia, setiap keluarga, setiap negeri dan seluruh dunia,” katanya.

Untuk itu, Paus berterima kasih pada para pembuat perdamaian dunia yang menurutnya pantas mendapatkan penghargaan atas kerjanya, meski sering di belakang layar, tanpa lelah, tanpa tanda terima kasih dan hanya dipersenjatai “senjata ibadah dan pengampunan”.

Massa yang berkumpul membawa spanduk pelangi yang diterbangkan dengan balon di cuaca yang cerah namun dingin.

Sebelum bicara soal perdamaian, pemimpin 1,2 miliar umat Katolik itu menyebutkan, ketegangan dan konflik disebabkan oleh melebarnya kesenjangan antara yang kaya dan miskin. Dia juga menyatakan kerapnya pola pikir egois dan individualistis, kapitalisme yang tak terkendali, di sejumlah aksi terorisme dan kriminalitas.

Paus lebih jauh mendesak ada model ekonomi baru dan aturan etis mengatur pasar. “Krisis keuangan dunia adalah bukti kapitalisme tidak melindungi anggota masyarakat yang paling lemah.”


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: