Novena Pentakosta : Hari IV

21 05 2012

Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Detik. menit, jam dan hari berlalu dengan cepat, demikianlah waktu berjalan. Saat berpaling ke belakang kadang kita terkejut akan begitu cepatnya kehidupan berganti dari hari ke hari (coba lah pandang anak-anak anda dan bayangkan betapa cepatnya mereka bertumbuh sejak mereka masih bayi sampai sekarang)

Maka Paulus menegaskan kepada kita agar jangan sampai kita terlena dengan keseharian dan kesibukan kita. Hari menjelang siang, kita harus segera bangun! Jangan hanya puas dengan cukup menjadi orang yang percaya, karena keselamatan adalah suatu rahmat yang harus diperjuangkan, waktu demi waktu! Keselamatan bukan sesuatu yang otomatis terjadi dengan sendirinya,, perlu ada upaya dari kita untuk mempertahankan dan memperjuangkannya. Kita diminta untuk selalu berjaga teguh dalam iman. Melawan iblis yang berkeliling ingin memangsa kita.

Kita yang telah percaya kemarin, hari ini bisa saja jatuh dalam lumpur kedosaan kembali, karena kelengahan manusiawi akan godaan dunia yang menawarkan 1001 kenikmatan. Kita tidak bisa mengatakan bahwa itu tidak mungkin! Manusia yang mempunyai titik lemah pada ego pribadi, mudah tergoda untuk kembali memuaskan hawa nafsu dan seringkali alasan klasik yang dikemukakan ialah mumpung masih ada waktu untuk menikmatinya… mumpung.. mumpung…..Lebih celaka lagi kita menilai rahmat Allah dan menjadikannya rahmat ‘murahan’ “Bukankah Allah Maha Pengasih? Besok saja bertobat. Dia akan mengampuni saya lagi!” Kita perlu ingat ‘rumah’ yang telah dibersihkan dari roh jahat, tetapi tetap kosong tidak ada perabot rumah yang menghiasinya, roh jahat akan datang kembali dengan membawa teman-temannya.

Yesus yang telah mengosongkan diriNya sebagai manusia dan merasakan penderitaan di kayu salib, demi semata kasihNya dan kasih Bapa kepada manusia. Itulah rahmat yang mahal, bukan murahan. Hadirkan Yesus selalu dalam kehidupan kita maka kita akan dimampukan dan dilengkapi dengan senjata dan perlengkapan rohani untuk menangkal semua godaan duniawi. Kita telah bertekad untuk tidak menyerah dan tidak menyalib Yesus untuk keduakalinya. Di dalam Yesus kita pasti bisa! Di dalam Yesus kita pasti menang. Dan di luar Yesus kita tak akan dapat bertahan lama.

Sumber: Novena Pentakosta – Subroto Wijojo SJ

=======================================================================================================N

Bacaan dari Kitab Roma 13:11b-14

Saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya. Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!
Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: