Merenungkan : EKARISTI DAN SAKRAMEN PADA UMUMNYA

4 05 2012

Merenungkan

Lingkungan Santo Yoseph Randugumbolo merupakan lingkungan kecil yang berada jauh dari Pusat Paroki Santo Bernardinus. Umatnya 44 jiwa. Beberapa di antaranya menderita sakit. Vincentius Yamadipati, ketua lingkungan, berinisiatip mengundang romo paroki untuk mengadakan misa lingkungan sekaligus pengurapan bagi mereka yang sakit, menerima pengakuan dosa. Akhirnya Romo Paroki datang di lingkungan itu dan tinggal beberapa hari seraya memberikan pelayanan sakramen. Suasana penuh kegembiraan. Seorang warga bercerita bahwa ia merasa sungguh bahagia bisa menerima sakramen sebagaimana dia terima dari penjelasan katekis dulu.

Begitulah mereka memahami sakramen Gereja. Kata Sakramen berasal dari bahasa latin sacramentum  yang digunakan untuk menerjemahkan kata mysterion (bahasa Yunani)  dalam Kitab Suci. istilah mysterion-sacramentum ini menunjuk rencana keselamatan Allah yang terlaksana  dalam sejarah hidup kita manusia melalui Tuhan Yesus Kristus. Perayaan sakramen-sakramen berarti  perayaan karya keselamatan Allah melalui Tuhan Yesus Kristus itu dalam  bentuk tanda atau simbol pada hidup konkret kita.  Kita   mengenal ada 7 sakramen yakni Baptis, Krisma, Ekaristi, Tobat, Pengurapan Orang Sakit, Perkawinan dan Imamat. 

Hanya saja, tidak semua sakramen perlu untuk setiap orang, sekaligus tidak semua orang harus meneriam ke-7 sakramen. contohnya: yang sudah menerima sakramen imamat tidak boleh menerima sakramen perkawinan. lalu tingkatan dan pentingnya tujuh sakramen itu tidak sama saja. sakramen yang paling penting dan merupakan sumber serta puncak hidup kita adalah Perayaan Ekaristi. Sakramen-sakramen lain menuju kepada  Ekaristi dan mengalir dari Ekaristi. Betapa luhurlah makna seluruh sakramen Gereja. Marilah dengan hati terbuak dan sikap yang tepat, kita hayati setiap perayaan sakramen yang kita rayakan dengan iman dan penuh syukur.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: