Imam raih penghargaan lingkungan

22 04 2012

Imam raih penghargaan lingkungan thumbnail

Seorang imam Katolik telah memenangkan Goldman Award, salah satu penghargaan paling bergengsi dalam mengkampanyekan lingkungan.Pastor Edu Gariguez, sekretaris eksekutif Sekretariat Nasional Aksi Sosial Konferensi Waligereja Filipina, memenangkan penghargaan regional Asia itu, yang mendapat hadiah uang tunai sebesar US $ 150.000.

Pastor Gariguez dan pemenang regional lainnya akan menerima penghargaan mereka hari ini di San Francisco, Amerika Serikat. Pastor Gariguez memberikan hadiah itu kepada warga suku Mangyan, provinsi Mindoro, yang melestarikan bumi yang menginspirasi imam itu dalam karyanya.

“Bagi mereka alam ibarat dengan rahim yang mendukung kehidupan mereka. Saya mengerti bahwa apa yang dipertaruhkan dalam kampanye ini adalah kelangsungan hidup ekologi bumi, bahwa kita adalah bagian ekologi itu,” katanya. Dia mengatakan dia yakin bahwa dengan melindungi hak-hak orang miskin “harus didahulukan dari keserakahan korporasi.”

Pastor Gariguez telah menjadi seorang yang sangat vokal dalam mengkritik operasi pertambangan, khususnya di Mindoro. Dia mengatakan operasi pertambangan itu harus membuat kebijakan untuk melindungi lingkungan, melindungi hak-hak masyarakat adat dan menjamin distribusi yang adil. “Pembangunan harus memprioritaskan kebutuhan untuk menjamin keberlanjutan ekologis. Kita seharusnya tidak mengorbankan rakyat dan lingkungan untuk jangka pendek,” kata Gariguez.

Penerima Goldman Award itu dipilih oleh dewan juri internasional dengan nominasi rahasia dari organisasi lingkungan dan individu yang giat dalam kampanye lingkungan.

Sumber: Priest wins environment award

http://indonesia.ucanews.com/2012/04/16/imam-raih-penghargaan-lingkungan

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: