Peringatan Arwah Semua Orang Beriman

2 11 2011
Hari ini adalah peringatan arwah semua orang beriman. Marilah kita gunakan kesempatan istimewa ini untuk mendoakan semua orang yang kita kasihi yang telah meninggalkan kita untuk kembali kepada Bapa. May they all rest in peace…
Indulgensi untuk tanggal 1-8 November

Indulgensi adalah penghapusan atas siksa sementara (temporal punishment) terhadap dosa-dosa yang sudah diampuni. Jadi bukan dosanya yang dihapus, melainkan akibat dosa yaitu siksa sementara atau temporal punishment, sesuai penjelasan KGK 1471 :

“Indulgensi adalah (1) penghapusan siksa-siksa temporal di depan Allah untuk (2) dosa-dosa yang sudah diampuni. (3) Warga beriman Kristen (4) yang benar-benar siap menerimanya, di bawah persyaratan yang ditetapkan dengan jelas, memperolehnya dengan (5) bantuan Gereja, yang sebagai pelayan penebusan membagi-bagikan dan memperuntukkan kekayaan pemulihan Kristus dan para kudus secara otoritatif”. “Ada indulgensi (6) sebagian atau seluruhnya, bergantung dari apakah ia membebaskan dari siksa dosa temporal itu untuk sebagian atau seluruhnya.” Indulgensi dapat diperuntukkan (7) bagi orang hidup dan orang mati (Paulus VI, Konst. Ap. “Indulgentiarum doctrina” normae 1-3).

Gereja mampu memberikan ini atas kuasa untuk “mengikat dan melepaskan” , apa yang diikat di bumi akan diikat di surga dan apa yang dilepaskan di bumi akan dilepas di surga (Mat 16 : 19)

Berikut ini adalah cara bagaimana memperoleh indulgensi penuh pada tanggal 2 November, Peringatan Arwah Semua Orang Beriman :

  • Mengaku dosa dengan baik dalam seminggu sebelum atau setelah tanggal Peringatan Arwah Semua Orang Beriman
  • Bebas dari segala keterikatan terhadap dosa, termasuk dosa ringan, untuk memperoleh indulgensi penuh (NB : Ini adalah hal yang paling sulit dipenuhi (bukannya tidak mungkin, karena Gereja tidak memerintahkan hal yang mustahil). Jika syarat ini tidak dipenuhi maka hanya indulgensi sebagian yang didapat)
  • Mengunjungi gereja untuk berdoa bagi arwah orang beriman
  • Doakan sekali “Bapa Kami” dan “Kredo” selama kunjungan ke Gereja
  • Doakan sekali “Bapa Kami” dan “Salam Maria” untuk intensi bulanan Paus
  • Menerima komuni Kudus, pada hari yang sama atau setelahnya

Untuk memperoleh Indulgensi penuh dari tanggal 1-8 November :

  • Mengaku dosa dalam seminggu sebelum atau setelah Peringatan Arwah Semua Orang Beriman
  • Bebas dari segala keterikatan dosa, termasuk dosa ringan, untuk memperoleh indulgensi penuh (NB : Lihat NB diatas)
  • Mengunjungi makam tiap hari dari tanggal 1-8 dan berdoa bagi orang yang telah meninggal (NB: apakah boleh mengunjungi makam keluarga yang non Katolik dan berdoa bagi mereka? tentu saja diperbolehkan)
  • Doakan satu kali “Bapa Kami” dan “Salam Maria” untuk intensi bulanan yang ditentukan Paus
  • Menerima Komuni Kudus dengan pantas pada hari yang sama atau setelahnya

Beberapa indulgensi bisa diperoleh dengan sekali pengakuan dosa, tapi hanya satu indulgensi yang bisa diperoleh setelah sekali penerimaan Komuni yang baik dan doa bagi intensi Paus.

Jika anda tidak tersiapkan dengan tepat atau tidak memenuhi perbuatan yang ditetapkan diatas dan/atau tiga kondisi untuk indulgensi tersebut, maka indulgensi yang diterima hanya sebagian (partial) dan tidak penuh (plenary)

Baca juga artikel dari katolisitas : Indulgensi Harta Kekayaan Gereja

Sumber.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: