Home Sweet Home

20 05 2011

Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Rumah adalah salah satu kebutuhan penting manusia. Industri real estate menyediakan berbagai kelas rumah yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita. Sayangnya dengan tingginya inflasi, harga rumah tidak pernah terkejar dengan apa yang ada di kantong. Sehingga kalau kita belum mampu, ada banyak bank menyediakan fasilitas KPR. Biarpun kredit sampai 15 tahun dijalani juga, yang penting ‘bakal’ punya rumah pribadi lengkap dengan kamar-kamar dan perabotnya. Itu baru “house’. Ironisnya ada yang masih jadi kontraktor sampai usia pensiun (ngontrak rumah trus2an) tapi juga ada yang mengumpulkan kavling berhektar2 tanah, padahal kavling yang dibutuhkan nantinya cuma 1x 2 meter.

Tapi rumah yang kita idamkan baru bisa disebut ‘home’ bila kita dapat merasakan ketenangan dan kedamaian saat berkumpul bersama seluruh keluarga; saat dimana kita dapat melepaskan keletihan setelah bekerja. Tempat dimana tiap anggota keluarga bisa berbagi dan saling meneguhkan. Juga tempat saling menggoda dan bercengkerama tanpa rasa marah. Segala kepenatan akibat ketegangan di kantor dan terjebak kemacetan yang semakin parah, membuat kita semakin ingin cepat sampai dirumah. Herannya semakin sering kita bepergian, semakin merindukan ‘home’ dan sangat menikmati saat berada di rumah ditengah keluarga.

Bukan sekedar menikmati es kopi yang menyegarkan, tapi menghirupnya sambil melihat senyum tawa anak-anak rasanya lebih nikmat dari pada kopi Starbucks. Sehingga kita pasti berusaha mencari cara untuk mempersingkat perjalanan agar segera tiba di rumah. Kepenatan itu sirna seketika begitu kita masuk halaman rumah karena membayangkan sebentar lagi akan bertemu dengan orang-orang yang kita cintai. …..Home sweet home. Nah…Kalau untuk hidup dibumi kita mau-maunya bersusah payah mencicil bertahun-tahun untuk mendapatkan “rumah yang hommy”, bagaimana dengan persiapan “rumah masa depan” ?

Tawaran yang diberikan Yesus melalui Injil hari ini, seperti sebuah oase di tengah kegetiran kehidupan. Jaminan ‘rumah’ masa depan yang disediakan untuk kita, tidak bakal kehabisan dan cukup bagi siapa saja. Tidak hanya itu, Ia sendiri akan datang menjemput kita bila sudah tiba waktunya. Perusahaan real estate mana yang bisa memberikan ‘”full service” seperti ini ya? Dipersiapkan semuanya bahkan dijemput dari rumah lama untuk diantar pindahan ke rumah baru.

Bila kita menyatakan memilih mau tinggal dimana untuk kehidupan selanjutnya,  keputusan ini tidak dibuat di saat-saat akhir kehidupan kita, tapi keputusan tersebut justru dibuat pada hari ini. Dengan demikian kita menikmati proses persiapan pembangunan ‘rumah’ disurga karena kita mau mengikatkan diri dengan pemilik surga.

Membuat rumah yang hommy dimulai dari hati yang mau berbagi dengan orang lain, sehingga siapapun datang ke rumah kita merasa diterima dan disapa. Marilah membuat rumah kita, kantor kita, paroki kita bahkan pastoran kita menjadi tempat yang terbuka dimana setiap anggota keluarga bahkan mereka yang bertamu pun merasa diterima dan disapa karena kita mau berbagi seperti Yesus. Home sweet home…

==============================================================================================

Bacaan Injil Yoh 14:1-6

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.” Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: