Misa Kudus di 5 Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan

18 05 2011
 Pada Hari Senin 16 Mei 2011 Komunitas Kasih Tuhan (KKT) dari Keuskupan Agung Jakarta bersama Mgr. Julianus Sunarka SJ, beberapa romo dan beberapa umat Paroki Cilacap dengan jumlah semuanya sekitar 80 orang terlibat dalam pelayanan Ekaristi Paskah di LP Nusakambangan Cilacap.
Penyeberangan di Pelabuhan Cilacap menuju ke LP Nusakambangan tepat pk.08.30 dengan dikoordinasi oleh Rm Niko Ola OP dan beberapa umat. Setelah itu kami naik beberapa mobil milik LP berangkat menuju ke 5 LP, masing-masing diikuti kira-kira 10 orang kecuali di LP Pasir Putih diikuti oleh sekitar 20 orang.
Misa kudus sekaligus di 5 LP :
  • Di LP Pasir Putih SMS ( super maximum security ), perayaan ekaristi dipimpin oleh Bapak Uskup dengan konselebran Rm Johanes Mangkey MSC dan Rm Ratman. Umatnya sebagian besar adalah terpidana hukuman mati. Ada 1 orang dari Brasil yang kebetulan sedang dikunjungi oleh Ibu dan saudaranya. Beberapa orang dari Nigeria, Nepal dan sebagian besar dari dalam negeri. Pemandu ekaristi dari KKT adalah Ibu Windy, ketua KKT & Bapak Harijanto
  • Di LP Permisan perayaan ekaristi diimpin oleh Rm Yohanes Vidi Wahyudi dari Sidareja didampingi oleh Sdr. Vincent
  • Di LP Khusus Narkotika : perayaan ekaristi dipimpin oleh Romo Budhi Prayitno dari Paroki Kroya  didampingi oleh Sdri Yana & Very
  • Di LP Batu perayaan ekaristi dipimpin oleh Romo Gunawan Tjahya Pr, moderator KKT dari Paroki Kelapa Gading, didampingi oleh Bpk. Soegiarto
  • Di LP Besi perayaan ekaristi dipimpin oleh Romo Frans Sawan Pr dari Keuskupan Ruteng yang sedang study di UNJ, didampingi Sdri Angel & Sri.

Di Pasir Putih sesudah perayaan ekaristi, ada kesempatan untuk menyanyi baik dari para penghuni LP maupun dari KKT. Mereka ternyata oang-orang yang sungguh dikaruniai bakat-bakat menyanyi begitu hebat. Ada yang dari Nigeria, Manado dan Papua.

Ada rekan imam yang juga menceritakan bahwa sebelum perayaan ekaristi, ada beberapa orang yang meminta pelayanan pengakuan dosa.

Sesudah perayaan ekaristi, semua kelompok berkumpul di Gereja Nusakambangan. Ini gereja yang katanya dulu dibangun pada jaman Belanda dan sejak tahun 2009 dipugar kembali dengan biaya sekitar Rp 1 M sehingga menjadi sangat bagus dan full AC. Gereja ini bisa digunakan untuk semua denominasi kristiani meskipun pemugaran diprakarsai oleh seorang Pendeta. Setiap jendela ada gambar jalan salin 14 perhentian. Di gereja ini kami mengadakan acara sederhana. Ada sambutan dari Bapa uskup, ketua KKT, Kepala Bagian salah satu LP (Bpk Jose) dan menyanyi yang dilantunkan oleh Sdr Edo,orang Papua yang pernah ikut Indoneisan Idol dan seorang Ibu dari Manado.

Sebetulnya, menurut Bpk Jose, acara ini rencananya juga akan dihadiri oleh semua kepala LP dari masing-masing unit sehubungan dengan kunjungan dari Bapak Uskup ke LP. Namun dengan adanya pengumuman mendadak tentang libur bersama, para kepala itu masih pada liburan sehingga tidak bisa datang.

Rangkaian keseluruhan acara ditutup sekitar pk. 15.00. Rombongan KKT rencana malam ini langsung kembali ke Jakarta.

“Terimakasih Tuhan atas perjalanan hari ini yang begitu indah…. Engkau mempersatukan banyak orang dari berbagai tempat dan negara dalam doa dan pelayanan di LP Nusakambangan. KasihMu begitu nyata. Iman kami sungguh saling diperkaya satu sama lain. Puji dan syukur atas segala kebaikanMu ini”.

salam
rm suratman (sekjen keuskupan purwokerto)

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: