Misa Beatifikasi Paus Yohanes Paulus II

30 04 2011

Meriahkan Beatifikasi Paus Yohanes Paulus II – 01 Mei 2011 ( http://culturadivita.info/blog/2011/04/24/mengenang-yohanes-paulus-ii/)

Menjadi “beato”, tentu bukanlah pilihan bagi seorang Yohanes Paulus II, yang memang selalu berusaha dipenuhi kesucian dalam hidup menggereja, dan mendunia. Tak terbilang doa, tulisan, perkataan, dan perbuatan tokoh perdamaian dan pembaruan, ini menjadi inspirasi bagi banyak orang…sekaligus, sosok Yohanes Paulus II sendiri menjadi spiritualitas tersendiri di Gereja Katolik. Kesucian Yohanes Paulus pula lah yang membawa perubahan dalam Gereja Katolik.

Semasa hidupnya menjadi Paus, Yohanes Paulus II, bisa dikatakan, melakukan revolusi yang cukup membuka mata Gereja Katolik. Pengakuan “beata” pada Bunda Theresia adalah satu revolusi yang dilakukan Yohanes Paulus. Jika selama ini Gereja Katolik terkungkung oleh ketatnya norma kanonisasi, maka Yohanes Paulus menerabas batas ruang dan waktu itu. Sehingga proses beatifkasi Bunda Theresia, tanpa menghilangkan esensi dan pembuktiannya, tak perlu memakan waktu yang lama.

Di masa kepausan Yohanes Paulus II pula lah, proses beatifikasi banyak terjadi. Dan ini merupakan sejarah dalam peradaban Gereja Katolik. Saat bersamaan, Yohanes Paulus II juga membuka mata Gereja Katolik akan kemajuan teknologi. Ini dibuktikannya dengan proses beatifkasi Bunda Theresia yang kemudian menjadi milik dunia, lantaran teknologi yang memungkinkan cepatnya informasi menyebar. Bukan hanya itu. Teknologi pun membuat komunitas-komunitas dalam Gereja Katolik mampu tersambung satu sama lain, tanpa terbatas ruang dan waktu. Kini, Yohanes Paulus II sudah tiada. Namun, ia sendiri ternyata masih dihadapkan pada perubahan Gereja Katolik itu. Karena Gereja Katolik akan kembali mencatat sejarah barunya dengan peristiwa langka yang datang dari seorang Yohanes Paulus II.

Calon beato, Yohanes Paulus II adalah milik awam, pastor/bruder/suster dari pelbagai ordo/kongregasi di seluruh dunia, mengingat perannya sebagai Paus, terlebih Paus Agung. Untuk itu, kami mengajak semuanya untuk menimba buah-buah rohani dari Beatifikasi Yohanes Paulus II dengan mengadakan program-program di tempat masing-masing seperti di bawah ini:

1. Talk show: a. Beatifikasi dalam rangkaian proses menjadi Santo b. Mengenal dan mengenang pribadi YP II c. Menonton DVD tentang YP II d. Apa dan Bagaimana Kerahiman Ilahi

2. Tayangan Perayaan Ekaristi Beatifikasi YP II langsung dari Vatikan melalui televisi – proyektor

3. Misa syukur atas berlangsungnya beatifikasi.

Adapun, beberapa paroki dan kelompok kategorial di Keuskupan Agung Jakarta sudah mempersiapkan dan melakukan beberapa kegiatan, menuju kemeriahan Beatifkasi Yohanes Paulus II, 1 Mei 2011. Di Katedral misalnya, sejumlah barang-barang kenangan dari Yahones Paulus II yang sempat datang ke Jakarta, pada tahun 1989, dipamerkan di Museum Katedral. Lantunan novena dalam doa completorium spiritualitas Yohanes Paulus II, selama 9 hari berturut-turut diperdengarkan umat di Gereja St. Theresia, Menteng. Persiapan menjelang beatifikasi Yohanes Paulus II, 1 Mei nanti, juga menggeliat di Paroki Ignatius Loyola, Jalan Malang. Bagaimana dengan paroki dan kelompok kategorial Anda ???

Sekretariat bersama pencinta spiritualitas Yohanes Paulus II, mencetuskan suatu gerakan rohani dalam memeriahkan Beatifkasi Yohanes Paulus II, 1 Mei 2011, sebagai awal dari Tahun Spiritualitas Yohanes Paulus II. Dan berdasarkan rapat, 28 Maret 2011, Sekretariat Bersama menelurkan beberapa butir keputusan:

1. Sebagai rasa syukur atas beatifikasi tersebut, sambil menantikan saat kanonisasi di kemudian hari, kami mencanangkan Tahun Spritualitas YPII yang dimulai pada 1 Mei 2011 dan ditutup pada Mei 2012. Sepanjang tahun ini diadakan road show acara-acara yang didedikasikan kepada YPII. Nama dari kepanitiaan itu: PANITIA TAHUN SPIRITUALITAS YOHANES PAULUS II yang dibentuk oleh SB.

2. Pada 1 Mei 2011, acara terdesentralisasi dalam berbagai paroki, kelompok kategorial, sekolah dan pelbagai tarekat. Bahkan kita perlu mendukung dan mempromosikan kegiatan dalam lingkup yang lebih kecil: wilayah/lingkungan atau bahkan dalam keluarga, sebagai komunitas basis terkecil. Keserempakan dalam menyikapi beatifikasi 1 Mei 2011 ini diharapkan mempunyai dampak rohani yang besar.

3. PANITIA BEATIFIKASI YPII mempromosikan dan memfasilitasi aneka kegiatan sehubungan dengan Peristiwa Beatifikasi YP II 1 Mei 2011. Pada 1 Mei 2011 itu, terdapat 4 acara yang dapat diselenggarakan: 1. Tayangan tentang Beafikasi YPII dipandu oleh pembicara yang mampu berbahasa Itali dan Inggris. Misa beatifikasi oleh Paus Benedictus dilaksanakan pada jam 10.00 waktu Roma dan disiarkan ke seluruh penjuru dunia. Tayangan ini diselenggarakan di aula paroki atau di gedung gereja.

Ada beberapa channel tv yang menyiarkan:

1. Siaran langsung dari Vatikan melalui Raiinternational (Channel negara Itali) yang dapat diakses melalui layanan Cablevision atau Indovision dan 2. TV ONE dan Indosiaryang masih akan dikonfirmasi. Dari TV disorotkan ke layar lebar melalui proyektor.

2. Seminar/ Talk Show sebelum tayangan siaran langsung dari Vatikan. Temanya: a. Apa, mengapa dan bagaimana beatifikasi itu, b. Siapa dan bagaimana itu YOHANES PAULUS II, c. Sejarah dan makna Kerahiman Ilahi.

3. Pendokumentasian segala aktifitas yang dibuat di pelbagai tempat oleh Tim dokumentasi dan Komunikasi..

Lalu, sebagai langkah selanjutnya dalam masa Tahun Spiritualitas Yohanes Paulus II (2011-2012), beberapa agenda acara dapat dilaksanakan:

1. Berkaitan dengan World Youth Day, akan kami adakan acara untuk dan oleh orang muda. Misalnya seperti diskusi ringan ( infotainment), kegiatan budaya dan rohani.

2. Pameran foto-foto/ Video John Paul II baik itu foto-foto internasional yang relevan dan signifikan atau lebih menarik lagi pameran foto-foto John Paul II.Secara khusus kita prioritaskan jejak-jejaknya selama di Indonesia. Diharapkan siapapun yang punya foto kehadiran YP II di Indonesia dapat berpartisipasi dalam acara lomba dan pameran foto.

3. Seminar atas ajaran dan kesaksian JPII.

4. Baca Puisi karya-karya YPII, terutama ketika beliau masih sebagai pemuda non seminarist dan dilombakan.

5. Cerdas cermat tentang pribadi dan karya YPII sebelum dan sesudah menjadi paus dan dilombakan. Bahan dari Panitia Pusat.

6. Lomba menggambar/karikatur John Paul II secara kreatif

7. Mengarang artikel pada website yang kita ciptakan.

8. Lomba cipta lagu rohani tentang YPII.

9. Camping Rohani atau gathering lintas kategorial bagi anak muda 1

0. Sport event

11. Pementasan drama AYUB karya Karol Wojtyla semasa dia SMU dengan kontekstualisasi budaya Indonesia.Acara ini dibuat sebagai penutupan Tahun Beatifikasi YP II

12. Misa Syukur Bersama yang dihadiri oleh para Uskup dan Imam.

Kami, Sekretariat Bersama berharap, semoga segala program di atas dapat sungguh mengumatkan segala kekayaan rohani dari Yohanes paulus II, sehingga kesuciannya sungguh memancar di hati umat beriman. Tidak lupa, seraya tekun berdoa, kita menanti dan mengharapkan agar tidak lama lagi Paus ini juga mendapatkan kepenuhan gelar “santo” melalui perayaan iman yang disebut kanonisasi.

Jakarta, 14 April 2011

Hormat Kami,

Mengetahui,

FX. Soemarto Ketua Sekretariat Bersama

Romo Yustinus Sulistiadi Pr. Moderator

Berkah Dalem †


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: