Penundaan

2 03 2011

Penundaan sangatlah pandai menyamar dan menyusup kedalam kehidupan kita sehari – hari sehingga kita tidak sadar bahwa kita sudah berteman dengan penundaan karena bersama penundaan segalanya terasa enak, santai, no pressure, semau gue, namun hasil akhirnya adalah fatal.

Penundaan menjelma dalam berbagai bentuk seperti: zona kenyamanan, sibuk yang tidak menentu, tidak mempunyai target, hobi – hobi yang buang waktu misalnya main game, ngobrol, gosip, dan lain – lain.

Hampir semua ini tidak menghasilkan sesuatu yang produktif dan bermanfaat. Sifat manusia memang suka melakukan sesuatu dengan irama tanpa ikatan dan desakan . Kita sering menunda pekerjaan hari ini sampai ke besok bahkan sampai berminggu – minggu.

Kita pernah berkata besok saya mau sisihkan 30 menit untuk membaca, meng-upgrade knowledge/ ilmu pengetahuan, besok saya mau berolahraga dan tidak tidur malam – malam lagi supaya dapat hidup sehat, besok saya mau berdana, besok saya mau ke Vihara, dan lain – lain.

Mengapa harus menunggu besok kalau saat ini bisa kita lakukan? Kalaulah besok kita benar – benar bisa melakukannya, kalau tidak, itu semua menjadi sekedar wacana, napsu besar tenaga kurang, tidak bisa konsentrasi mengatasi penundaan yang sudah lama berakar dalam diri kita.

Ada banyak hal yang menjadi alasan dari penundaan yang kita lakukan, diantaranya:

1.KEMALASAN
Penyebab TERBESAR dari adanya penundaan adalah KEMALASAN aku yakin kita semua pasti memiliki rasa malas, emang sich awalnya rasanya malas itu buat kita enak tapi lama kelamaan kemalasan akan membuat kita sengsara. supaya kita nggk sengsara mari kita melawan rasa malas itu.

2.MENGHINDARI RASA SAKIT DAN PENGORBANAN
Kita sering melakukan penundaan terhadap tugas yang seharusnya kita kerjakan karena kita tidak menginginkan rasa sakit dan pengorbanan itu menghampiri kita.

3.KEBIASAAN MENUNDA
Dalam banyak cara, pergumulan untuk menghentikan penundaan adalah pergumulan untuk mengendalikan diri sendiri! itulah pergumulan untuk mendisiplinkan diri.

4.TIDAK BISA MENGAMBIL KEPUTUSAN (SAYA PIKIR)
Dalam pengambilan sebuah keputusan setiap kita pasti pernah bilang ‘ntar dulu ya saya pikirkan’. tanpa kita sadari maka penundaan telah kita lakukan…

5.TAKUT KEGAGALAN
Penyebab lain adanya penundaan adalah TAKUT GAGAL. sehingga terjebak pada hal-hal yang itu-itu saja. Namun, mereka menundanya karena mereka takut bahwa jika mereka mencoba hal-hal yang lebih besar dan lebih baik, mereka mungkin gagal.

Satu hal yang harus kita pupuk dalam diri kita supaya dapat mengatasi penundaan dan membenamkannya kedalam tanah adalah MULAI SAAT INI KITA BERTEKAD UNTUK MAU “BERDISPLIN” MELAKUKAN APA YANG TELAH KITA TETAPKAN.

Now is the time! Do it now!
Kalau ingin maju dan sukses haruslah rajin belajar dan bekerja, tetap semangat dan sabar..


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: