Kejujuran

26 02 2011

Seorang anak bekerja membagikan koran. Suatu hari tanpa sengaja dia memecahkan kaca jendela milik seorang nenek langganannya. Karena takut, ia melarikan diri & berharap tidak ada yg melihatnya.
Malamnya, si anak terbayang kesalahannya sehingga susah tidur. Besoknya, saat mengantarkan koran, hatinya deg 2x an.
Nenek itu tersenyum. Anak itu hanya menundukkan muka tanpa berani memandang wajah si nenek. Setelah beberapa hari, si anak merasa tidak tenang. Tidur terasa tidak nyenyak, makan pun terasa tidak enak. Akhirnya, ia bertekad untuk mengumpulkan uang dengan menyisihkan uang jajannya.

Setelah merasa cukup, suatu malam ia memasukkan uangnya ke dalam sebuah amplop. Juga secarik kertas bertuliskan, : “Maafkan saya karena telah memecahkan kaca jendela. Ini uang penggantinya. Terima kasih” Kemudian anak itu menyelipkan amplop tersebut melalui bawah daun pintu rumah si nenek. Ia tersenyum & malamnya tidur dengan nyenyak. Esoknya ketika mengantarkan koran, ia melihat si nenek tersenyum kepadanya. Hatinya terasa plong & ia pun berani membalas senyumannya. Si Nenek berkata, : “Sebentar Nak. Saya ada kue untukmu” Si Nenek memberikannya sebuah bungkusan. Setelah berterima kasih, ia pun melanjutkan mengantarkan koran. Sesampainya di rumah, ia membuka bungkusan kue tersebut. Alanglah terkejutnya saat ia melihat sebuah amplop di antara kue, persis seperti amplopnya. Di dalamnya terdapat uang sebesar uangnya & secarik kertas bertuliskan, : “Saya bangga dengan kamu”. Anak itu terduduk lemas & terharu. Ternyata nenek tua itu telah mengetahuinya tetapi tidak pernah menegurnya.

Bisa dengan bijak menyelesaikan masalah, selalu introspektif, berani mengakui kesalahan & memperbaikinya, penyebab awal dari timbulnya kebahagiaan & kesuksesan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: