Kesabaran

20 02 2011

Henry dan Marta sudah menikah lebih dari 40 tahun. Sejak hidup berumah tangga, keduanya tidak pernah ada rahasia, kecuali kotak sepatu yang disimpan Marta di lemari pakaiannya. Marta berpesan kerpada suaminya agar jangan pernah membukanya. Suatu ketika, Marta sakit keras. Berbagai upaya dilakukan untuk menyembuhkan Marta. Tapi tak satupun berhasil. Saat berbaring di tempat tidur, Marta berkata lirih pada suaminya agar mengambil kotak sepatu yang salama ini disimpannya. Rupanya Marta sadar inilah saat yang tepat untuk membuka rahasia kotak itu. Perlahan lahan Henry mendapati ada dua boneka rajut dan uang 10 juta rupiah. Henry yang bingung pun bertanya apa maksud dari semua barang itu.

Maka, Marta bercerita bahwa neneknya berpesan agar jangan sekali kali membentak atau berteriak jika sedang marah pada suami. Neneknya bilang jika suatu saat ia marah pada suaminya, ia harus tetap diam dan merajut sebuah boneka. Henry hanya bisa terdiam dan menangis. Ia sadar pernah dua kali membuat Marta sangat marah. Tetapi ia lalu bertanya tentang uang 10 juta itu. Marta menjawab, “Suamiku, uang itu adalah uang hasil penjualan boneka boneka rajutanku.”

Bisa dibayangkan berapa kali Henry menyakiti hati Marta. Meski demikian, dari sini kita belajar bahwa kemarahan pun bisa menjadi energi positif. Kesabaran dalam bahasa Yunani memiliki arti ” macrothumia “, terdiri dari kata macro ( panjang/besar ) dan “thumos” (amarah). Jadi, kesabaran artinya amarah yang perlu waktu panjang untuk meledak. Banyak hal mungkin membuat kita marah, tapi ingat bahwa orang yang hidup dalam tuntunan Roh Kudus tidak akan cepat melampiaskan amarahnya. Orang yang lekas naik darah adalah orang bodoh dan tidak ada orang yang suka dengan pemarah. Tapi, kesabaran bukanlah berarti memendam kepahitan di dalam hati sampai berlarut larut. Kesabaran artinya kita tidak membiarkan diri kita hanyut di dalam amarah yang cepat tersulut.

Percayalah, ada lebih banyak manfaat positif yang bisa kita peroleh saat kita mau sabar daripada marah. Selamat belajar bersabar!
Sekali bersabar bisa menghindari bencana besar, sekali tidak sabar bisa merusak seluruh hidup.
” Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang yang bijaksana bersabar.” ( Amsal 14 : 17 ). Gbu ALL


Actions

Information

One response

1 02 2013
Benny A Monareh

Bagus,sangat membantu memberikan pergertian dan manambah pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: