R.I.P – Rest In Peace

2 11 2010

PERINGATAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN: 2Mak 12:43-46; 1Kor 15:12-34; Yoh 6: 37-40
“Semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.”

Hari ini secara khusus kita mendoakan seluruh kerabat yang telah mendahului kita. Kita mendoakan mereka yang pernah hadir menyemarakkan kehidupan kita, yang memiliki iman percaya bahwa Kristus membangkitkan mereka. Kenangan yang ada hanyalah  tinggal kenangan indah yang semakin meneguhkan kita bahwa kehadiran mereka merupakan kepanjangan tangan Tuhan .

Ada saat-saat dimana kita merasakan kehilangan akan kehadiran mereka. Ada kerinduan yang menyengat manakala kita sedang mengalami kesulitan dan teringat bagaimana mereka akan setia mendampingi dan memberikan semangat senantiasa. Disaat demikianlah kita kembali bersyukur bahwa Tuhan telah menghadirkan mereka dalam kehidupan kita. Sering hal ini kita tidak sadari saat kita masih sering bertemu. We just take it for granted – sudah seharusnya begitu. Suami-istri yang sudah terbiasa berjumpa dalam keseharian demikian pula ibu dan anak yang selalu bertemu setiap hari. Kehilangan itu akan terasa bila salah satu sedang atau sudah tidak ada diantara kita.

Hal yang sederhana saja misalnya anak-anak sering tidak terlihat perduli dengan kehadiran ibunya saat berada di rumah. Tapi begitu ibunya tidak terlihat sampai malam, mereka akan mencari tahu kemana ibunya. Kalau di rumah dicuekin, kalau gak terlihat dicari-cari..hehe… Mungkin kalau ibunya ada cukup menimbulkan rasa aman dan tenang bagi anak-anak, tanpa perlu ‘ngerusuhi’.

Perpisahan yang sementara hanyalah sebuah latihan kecil mempersiapkan kita untuk perpisahan yang lebih panjang. Suatu saat nanti kitapun harus melepaskan kehidupan di bumi ini untuk pindah kepada kehidupan lanjutan, menuju terminal terakhir yang dijanjikan Kristus sendiri.

Semoga kita memanfaatkan waktu yang ada untuk senantiasa membangun relasi dengan orang-orang terkasih. Sesering mungkin menyatakan cinta kita, menyentuh dan memeluknya untuk menyatakan betapa kita mengasihi mereka. Jangan sampai kita terjebak dengan berbagai alat yang justru menjauhkan yang dekat sehingga waktu-waktu yang tersedia bagi kita terhilang begitu saja. Waktu adalah harta yang tak ternilai yang diberikan Tuhan kepada kita. Marilah kita syukuri kehadiran orang-orang terkasih yang telah kembali kepada Bapa. Kehadiran mereka telah ikut memperkaya dan menyuburkan iman kita kepada Yesus Kristus. Semoga mereka semua yang kita kasihi mendapat pengampunan karena kerahiman Allah dan semoga mereka beristirahat dalam damai Tuhan.

============================================================================================= 

Bacaan Injil Yoh 6:37-40

Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: