In Good Times and Bad Times… PTL!

14 07 2010

Semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil”

Bersyukur pada Tuhan saat semua sehat, semua bahagia , pasangan setia serta hubungan dengan anggota keluarga baik-baik memang mudah. Bersyukur pada saat uang di tangan, punya pekerjaan juga mudah.  Harusnya memang begitu, harus bersyukurlah. Yang sulit adalah bersyukur di saat semua tidak pada tempatnya, tidak seperti yang diharapkan. Sehingga menerapkan Sabda Tuhan “Bersyukurlah senantiasa” memang harus dibiasakan untuk diucapkan selalu, selain untuk peneguhan diri juga untuk meneguhkan orang lain. Tetapi disamping itu semua, bersyukur saat keadaan tidak seperti harapan kita juga membuat iman kita  semakin kuat dan percaya untuk senantiasa mengandalkan Tuhan. Ia mengetahui segala hal yang tersembunyi dibalik keadaan dan kejadian yang saat itu menyesakkan hati.

Suatu kali kami kehilangan kesempatan memenangkan tender di salah satu proyek di luar kota hanya karena masalah sepele. Surat pengantar tender sebagai syarat administratif ternyata ketinggalan di Jakarta. Duuuh… menyesal luar biasa, rasanya ingin sekali badan ditelan bumi saat itu juga. Hanya karena keteledoran dalam hal kecil ini, hilanglah kesempatan meraih proyek bernilai besar, padahal secara teknis sudah pasti kami bisa memenangkan tender tersebut. Dengan hati berat saya tetap berdoa dan bersyukur, Tuhan ampuni saya, tetapi saya bersyukur saya mendapatkan kesempatan mengikuti tender. Apapun hasilnya kami mengucapkan syukur kepadaMu, Engkau yang mengetahui segalanya yang tersembunyi.  Saat kembali ke Jakarta, tentu saja semua kecewa dengan keadaan ini tetapi akhirnya pimpinan berkata ” Kita bersyukur telah diberi kesempatan ikut tender, hanya kali ini kita belum mendapatkan kesempatan untuk melakukannya. Nanti pasti ada hikmahnya dibalik kegagalan ini.”

Apa yang terjadi kemudian? Dua minggu kemudian, saya menghubungi panitya tender dan mereka mengatakan bahwa tender akan diulang karena tidak ada pemenangnya. Mereka menyadari tidak mudah melakukan pekerjaan tersebut dalam waktu singkat dengan budget terbatas, sehingga tender akan diulang dengan anggaran lebih besar pada tahun berikutnya. Mereka berharap kami masih mau berpartisipasi. Dua bulan kemudian, kami mendapatkan beberapa pekerjaan sekaligus sehingga kalau kita memenangkan tender tsb, kita kehilangan kesempatan meraih proyek-proyek yang lebih besar lagi. Kalau kita dapat pekerjaan kemarin dulu, kita akan mendapatkan proyek rugi karena melibatkan resources banyak tapi budget terbatas. Yang kami dapatkan sekarang jauh lebih banyak daripada nilai tender tersebut. Dan ternyata akhirnya kitapun masih akan diberi kesempatan mengikuti tender tersebut lain waktu. God is so good ! How great thou art !

Injil hari ini mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur pada segala hal, bersyukur pada hal kecil sekalipun. Termasuk bersyukur pada keadaan-keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Kita tidak pernah bisa memahami apa yang akan terjadi, kita perlu menyadari pasti ada rahmat dan hikmah tersembunyi dibalik segala keadaan. Oleh karenanya kita senantiasa diajarkan untuk mengucapkan syukur dalam segala hal…. in good times and bad times – Bersyukurlah senantiasa. Karena bersyukur saat segalanya baik dapat dilakukan oleh semua orang, tetapi bersyukur saat keadaan tidak baik dibutuhkan iman percaya yang teguh. Iman yang mengandalkan kepercayaan pada Yang Maha Kuasa, Yang Maha Tinggi, Yang Maha Mengetahui segala yang tersembunyi.

Sehingga suatu saat nanti kita bisa memahami….Ooo… rupanya inilah maksud Tuhan atas kejadian waktu itu. Inilah rahmat dan hikmat yang tersembunyi. Firman Tuhan dalam Roma 8:28 sungguh menjadi rhema buat saya – Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Kalau kita terbiasa untuk mengucap syukur dalam segala hal, walaupun ada suatu misteri yang tidak kita pahami, percayalah bahwa suatu saat nanti kita diingatkan akan kejadian tersebut. Itulah bisikan Roh Kudus yang mengingatkan kejadian masa lampau kita. Dan saat itulah kita baru menyadari adanya penyelenggaraan Ilahi – Providentia Devina……Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu… in good times and bad times… untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Not for everyone, tetapi bagi kita yang mengasihi Dia, yang percaya bahwa hidup kita diatur olehNya dan ditentukan olehNya. Bagi kita yang terpanggil …..btw bukan tidak sengaja dipanggil, tetapi bahasa Inggrisnya “are being called” – yang dipanggil sesuai dengan rencana Allah.

Semoga bagi kita semua yang saat ini menghadapi berbagai hal berat, ditipu rekan usaha, ditinggal pacar bahkan ditinggalkan orang-orang yang dikasihi, cari pekerjaan belum dapat juga….percayalah tidak mudah memang bersyukur dalam segala hal. Tetapi manakala kita berani dan bisa melakukan serta mengucapkannya dihadapan orang lain. Tidak berkeluh kesah karenanya, tetap mengucap syukur dan percaya Allah akan memberi kekuatan dan hikmah dari berbagai kejadian yang dihadapi, iman kita akan semakin diteguhkan suatu saat nanti.Tetap berusaha dan berikan yang terbaik, tetap berpikir dan berkata positif. Stop complaining and stop blamming …Keep the faith  and hope. Milikilah iman percaya serta tetaplah memiliki pengharapan bahwa Tuhan pasti juga berharap akan menjadi baik, persis saat dunia diciptakan pada awalnya- Semua BAIK dihadapanNya.

Saat ini kita mungkin belum memahami apa maksud kejadian yang dihadapi saat ini, tetapi semua itu disembunyikan bagi orang pandai dan orang bijak. Hanya orang-orang yang merasa kecil dihadapan Tuhan, yang imannya melekat pada Tuhan akan memahami suatu saat nanti apa maksud dan tujuan penyertaan Allah.  Saat mendung kehidupan bergantung, percayalah pasti ada terang Tuhan dibaliknya. Saat menghadapi malam gelap gulita, percayalah akan ada fajar merekah setelah itu. Itulah janji Tuhan- karenanya tidak ada yang kebetulan terjadi  dalam kehidupan orang yang percaya, didalam kehidupan orang beriman. Allah masih turut bekerja dalam susah dan senang.  He is not done yet ! So… in good times and bad times.. PTL Praise The Lord !

==============================================================================================

Bacaan Injil Mat 11:25-27

“Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya”


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: