Betulkah Al Quran lebih menghormati Maria (ibu Yesus) dari pada Alkitab ?

1 06 2010
Pada surat Ali Imran (3) ayat 42 disebutkan ‘Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu). “‘

Dalam ayat tsb dikatakan dengan sangat jelas bahwa Maria (ibu Yesus) adalah wanita yang suci dan wanita yang terpilih dan patut menjadi contoh bagi wanita lain.

Adakah ayat dalam Alkitab yang menyebutkan ibu Yesus sebagai ‘wanita mulia yang lebih baik dari segala wanita di dunia’ sebagaimana tercantum dalam Al Quran ?

  • Jawaban Terbaik – Dipilih oleh Penanya
Luk 1,28-35 ‘Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata “Salam , hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. kata malaikat itu kepadanya ,”Jangan takut, hai Maria, engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah……
……….. Jawab malaikat itu kepadanya , “Roh kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau, sebab itu anak yang akan kau lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah…..”
Luk 1.41-43 :….dan ketika Elisabeth mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabeth pun penuh dengan Roh kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku ?…..

Anda benar, Maria adalah wanita terpilih dan menjadi teladan. Maria mengemban kedudukan dan peranan unik yang diberikan kepadanya dalam karya penyelamatan Allah. Maria sungguh dikaruniai kepenuhan rahmat. Maria adalah teladan bagaimana seharusnya kita berelasi dengan Allah.

Kesediaannya yang tanpa syarat untuk menjadi ibu bagi Sang Penyelamat adalah kesediaannya untuk melibatkan diri sepenuhnya dalam karya penyelamatan Allah. Itulah dasar dari penghormatan yang diberikan oleh Gereja kepada Maria, melebihi perempuan manapun di dalam Alkitab.

Maria tidak disembah tetapi dihormati. Ini pernah dinubuatkan oleh Maria sendiri. Ia pernah berkata, :”…..mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku bahagia, karena yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku…,”(Luk 1.48-49)

@Til last drop : Saya maklum anda menghujat oleh karena pemahaman anda yang salah tentang ayat itu.
Mrk 3.31-35; Luk 2.46-50; Yoh 2.1-4, ayat-ayat ini it tidak menunjukkan rasa tidak hormat Yesus , akan tetapi kesadaran Yesus akan misiNya yang menggantikan hal-hal yang melulu kebiasaan masyarakat saja. Dia menggunakan kesempatan itu tidak untuk menegur Maria akan tetapi untuk membuat Maria dan orang-orang lain menjadi lebih sadar akan pengutusanNya.

Maria memang ibu Yesus, tetapi dalam Mrk 3, 31-35 dan Luk 11 27-28 ditegaskan bahwa ibu dan saudara-saudara Yesus adalah mereka yang melakukan kehendak Allah. Artinya, kalaupun kemudian Yesus membuat mukjizat, itu bukan karena ikatan darah-daging dengan Maria yang melahirkanNya, tetapi ikatan iman dengan Allah.

Maria adalah orang yang mendengarkan dan melaksanakan kehendak Allah. Yesus melakukan tanda-tanda ajaib seturut rencana dan kehendak Allah.

Btw mengenai Maryam di dalam al-Quran saya pernah mendengar, tidak ada seorang pun wanita yang namanya disebut oleh Allah Swt di dalam al-Quran selain Maryam. Bahkan nama ini disebutkan pada lebih dari 30 ayat yang terdapat pada lebih dari 20 surah.

Penghormatan terhadap Maria….??? Sepertinya kita memiliki kesamaan pemahaman….hhmmm

salam.


menurut ajaran Islam, Yesus Kristus disebut Nabi Isa Al Masih. Orang-orang Islam mempercayai Nabi Isa Al Masih sebagai seorang nabi dan rasul (makna rasul di dalam Islam berbeda dengan maknanya di dalam Kristen, lihat artikel tentang nabi). Ia adalah antara nabi-nabi termasuk Rasul Ulul Azmi karena kesabaran dan ketabahannya dalam mendakwahkan tauhid (kemahaesaan Allah).

Kelahiran Isa yang ajaib, diceritakan dalam beberapa ayat dalam Al Qur’an. Dalam cerita Islam disebutkan datangnya malaikat kepada Maryam mengabarkan bahwa ia akan segera melahirkan seorang putra (lihat kembali ayat 45 surat Ali Imran pada bagian awal artikel). Maryam kemudian terkejut dan menjawab kepada Malaikat itu bahwa Ia tidak pernah disentuh laki-laki. Malaikat tersebut kemudian menjawab:
Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”. (Qur’an surat Maryam ayat 21)
…Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Qur’an surat Maryam ayat 35)

Beberapa ayat lain terkait dengan kelahiran Isa antara lain:
Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. (Ali Imran ayat 59)
Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam (Surat Al Anbiyaa’ ayat 21)

Advertisements

Actions

Information

2 responses

10 02 2011
sassy

anyway however .. yang pasti jalan satu-satunya jalan ke surga hanya Yesus.
berbuat kebaikan, menghormati Maria, tapi tanpa percaya Yesus dan menerima-Nya sebagai Tuhan dan juruslamat sama saja sia-sia.
Yohanes 14 : 6 “kata Yesus kepadanya : “Akulah jalan kebenaran dan hidup, tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.” ”
percayalah! tak kan ada ruginya jika anda percaya Yesus, justru anda akan merasakan mujizat-mujizat dalam hidup anda .
apa salah satu bukti bahwa Yesus adalah Tuhan ? dia sanggup melakukan mujizat. saya sendiri sudah banyak merasakan mujizat, dan itu setelah saya percaya Yesus. coba ingat-ingat, apakah anda yang belum trima Yesus pernah merasakan mujizat dan damai sejahtera???????
cuma Yesus jawabannya.

15 02 2011
ratna ariani

Terima kasih mbak Sassy sudah mampir di blog saya. Berbahagialah yang sudah mendengar Kabar Baik. Tetapi tentu karya Allah luar biasa sudah bekerja sebelum Yesus hadir di bumi. Pasti kemurahan hati Allah juga menyertai mereka yang mencari kebenaran dalam hidupNya. Semoga anda tetap konsisten mewartakan Sabda dengan perkataan dan perbuatan nyata bagi mereka yang lapar, haus, di penjara dan terkucilkan. AMDG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: