Tidak Ada Kata Cukup Untuk Belajar

12 05 2010

“Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran”

Tidak ada kata cukup untuk belajar – kalimat ini hanya bisa dipahami oleh mereka yang senang membaca. Mereka yang selalu ingin tahu, tidak pernah berhenti membaca. Anehnya kalau selesai membaca, menjadi lebih tahu sedikit… malah merasa tidak tahu dan kurang pengetahuan. Dan akhirnya membaca lagi. Perlu ditambahkan lagi dan lagi dan lagi. Coba juga perhatikan mereka yang senang membaca, sering berbagi cerita dan informasi. Tidak menutup diri dan terbuka pada informasi bahkan masukan dari orang lain. Ia tetap merasa kurang sempurna, dan itu lah tanda kerendahan hati. Willing to help others juga ditemui pada orang-orang yang gemar membaca.

Pada akhirnya dari kebiasaan membaca, kita mengenal berbagai hal dan hati nurani kitapun terasah untuk kemudian mengenali kebenaran demi kebenaran. Secara pelahan kita berusaha memahami alur dan pemikiran berbagai penulis, dan lambat laun kita melihat bagaimana kita memeriksa diri kita sendiri. Buku juga membantu kita mengasah diri kita sendiri. Buku dapat mengubah cara pandang kita menjadi tidak sempit dan merasa menang dan benar sendiri. Belajar dari pengalaman orang lain yang tertulis dalam buku, membuat kita memahami berbagai prinsip kebenaran yang bekerja memimpin orang-orang sukses.

Kalau kita mengijinkan diri kita dipimpin oleh kebenaran, maka seluruh kehidupan kita pasti mengarah kepada kebenaran itu sendiri. Dikatakan benar bukan karena semua orang melakukannya, tapi dikatakan benar karena memang itulah yang diyakini benar sesuai norma dan hukum yang berlaku.

Kalau saja banyak orang Indonesia memiliki kebiasaan membaca, gemar membaca dan mempelajari berbagai hal, rasanya akan semakin banyak orang yang saling tolong menolong, rendah hati dan berwawasan luas. Imajinasi bertambah, daya kreativitaspun tak terbatas, kemampuan verbal juga ditambah. Semoga semangat belajar tidak berhenti pada ijazah terakhir yang kita terima.

Tumbuhkan budaya membaca sejak dini pada anak-anak. Bagikan buku-buku yang sudah tidak dibaca bagi komunitas disekitar kita. Masih banyak yang haus membaca tetapi tidak punya cukup uang untuk membeli buku. Lakukan sesuatu agar rakyat Indonesia tambah pintar tapi juga rendah hati dengan membaca.

===============================================================================================

Bacaan Injil Yoh 16:12-15

“Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu,  tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.”


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: