Meraih Sukses Bersama Yesus (William Chang OFMCap)

2 02 2010

Berikut ini saya bagikan materi yang disampaikan oleh  Romo William Chang OFM Cap (Vikjen Keuskupan Pontianak) pada acara Seminar Fruitful  Business: Jesus @ Work yang diadakan oleh Kelasi SEP Executive (Shekinah) pada tanggal 14 Januari 2010 di Hotel ShangriLa.Seminar ini dihadiri lebih dari 400 peserta pengusaha dan profesional katolik. Semoga juga menjadi berkat bagi anda.

Shalom, saya pikir pada kata shalom termasuk arti sukses karena dalam shalom terdapat kesehatan , kebaikan, berkat dst.  Bagaimana bersama Yesus meraih sukses di tahun ini yang dikatakan sebagai tahun “macan”.

TAHUN MACAN

Lima sifat macan

1.     Ganas tapi tidak makan anak

2.    Dalam tahun macan kita diminta berpikir sebelum beraksi, kadang manusia beraksi dulu baru berpikir

3.    Tidak gegabah, waktu tersedia, segalanya akan indah pada waktunya

4.     Jaga kesehatan tanpa kesehatan, kerja sukses apapun akan sulit, kita berdoa “berilah makanan pada hari ini”,  kita ganti menjadi : berilah rejeki, kesehatan termasuk makanan kita

5.    Global Warming, bukan dari peramal – hanya diistilahkan saja: keadaan cuaca kurang baik, tadi dikatakan hampir mendung, lalu romo Broto datang mendung diusir.

Pertanyan yang akan muncul, bagaimana murid Yesus menanggapi tahun ini.

Tentang Ramalan

3250 tahun yang lampau suku-suku Kanaan, kaum Filistin sudah mengenal ramalan, mereka  suka mendatangi dewa-dewi untuk minta bantuan, melihat ke masa depan dan apa perintah yang akan disampaikan, (bdk Ul 18:9-14) à intinya tidak diijinkan mendengarkan peramal atau penenung. Kalau begitu siapa yang harus didengarkan? Nabi yang harus diutus oleh Tuhan. Akan kita lihat siapakah sang nabi yang akan kita ikuti hari ini dst.

Imamat 19:31 dikatakan jangan berpaling pada arwah atau roh peramal. Diantara kita mungkin ada yang tertarik pada ramalan, suka tanya ini-itu, kadang susah bergerak. Maka jawaban kita temukan dalam Imamat 19:31- yang melanggar perintah dikatakan berhadapan dengan iblis, sesudah melihat ramalan tsb kita akan melihat nabi yang seharusnya kita dengarkan.

Nabi tersebut adalah Tuhan dan manusia yang utuh. (Mat 1:21)

  1. Manager Personalia: 2,4,12,70, 100, 3000-an,  milyaran
  2. Penambahan (pengembangan)
  3. Roti dan ikan : Mat 14: 13-21
  4. Talenta : Mat 25: 14-30
  5. Tangkap ikan : Luk 5: 5-7
  6. Anggur : Yoh 2:1-11
  7. Pokok anggur : Yoh 15: 1-8

1.     Manager Personalia yang luar biasa, pakai MLM juga Multi Level Missioning, murid-Nya dari 2, 4, 12, 70, 100, 3000-an sampai milyaran. Rahasianya adalah jejaring, kerjasama. Tiap orang punya keselamatan tapi keselamatan tidak bersifat individual; kita ajak satu dengan yang lain untuk mendapatkan keselamatan juga. Kalau masing-masing orang mendapat pekerjaan rumah untuk menjaring satu teman, maka yang lain akan datang. Di Pontianak suatu pagi ada sekitar 500 orang dipermandikan, lalu saya mengajar katekumen. Tidak dibayar, saya beri satu pe-er sederhana dimana setiap orang yang sudah dipermandikan mencari  satu orang untuk kenal pada Yesus.  Sangat sederhana cara menebarkan benih keselamatan, modal tidak usah besar tinggal Mulut Lewat Mulut – MLM.

2.     Penambah (pengembangan) à Yesus memakai hukum pengembangan, 2 jadi 4, 4 jadi 12, 70, 100 dst. Dia selalu mengembangkan yang kecil menjadi besar tapi sering yang besar menjadi kecil karena tidak mau berbagi. Yesus sering mengajarkan kita untuk berbagi.

3.    Roti dan ikan: Mat 14:13-21, dari sedikit menjadi banyak, semua bisa makan kenyang bahkan berkelebihan. Seorang guru di sekolah negeri yang selama 30 tahun mengajar matematik, ia punya murid yang pintar menambah, mengurangi. Pintar menggali tetapi kurang pintar membagi. Belajarlah dari Yesus, dari sedikit menjadi banyak, jadilah orang sosial.

4.     Talenta: Mat 25:14-30 à isilah waktu yang Tuhan beri, karena jika waktu kita sia-siakan, maka yang waktu sudah terlewat tidak akan bisa kembali. Talenta itu adalah kemampuan dimana setiap orang diciptakan dengan otak yang sama, kaki tangan semua sama. Tetapi keadaan dan mutu hidup berbeda-beda. Talenta yang Tuhan berikan ada yang 2, 5, 10 dst. Kadang kita takut bagaimana mengembangkan talenta jadi besar, sehingga kita sembunyikan. Ajaran talenta mengajarkan kita untuk melipatgandakan yang baik, mengurangi yang tidak baik sehingga dalam tahun 2010 sekaligus menyongsong tahun macan dipenuhi dengan kebaikan.

5.     Tangkap ikan: Luk 5:5-7, bekerja keras, perkataan Yesus selalu benar dan tepat. Lemparkan jala ke sebelah kanan dan  langsung dapat ikan. Perkataan manusia tidak selalu benar atau tepat, seringkali meleset. Tetapi jika Yesus mengatakan tangkap, maka dapat berkelimpahan luar biasa. Perkataan Yesus selalu tepat dan sekaligus kita melihat hasil tangkapan melebihi dari apa yang digunakan. Baru-baru ini Frater Elia, salah seorang hamba Tuhan yang dikatakan mendapatkan 5 luka Kristus; hari kamis malam dia punya luka terbuka, Sabtu pagi tertutup. Sekali peristiwa dia bercerita, dia tak tahu banyak tentang ekonomi. Dia membangun biara dimana tanah tersedia sedikit, pengeluaran ternyata lebih dari budget. Ekonom berkata: ini di luar budget, tak mampu membayar. Dia katakan tak usah takut lalu dia pergi ke kapelnya. Dia berdoa di depan Bunda Maria. Waktu ia berdoa lonceng biara berbunyi dan datanglah seorang bapak   meminta doa. Bapak itu diminta untuk memasukkan doanya dalam amplop dan ditaruh di depan, lalu didoakan oleh Frater  Elia. Tidak lama kemudian ia menemukan didalamnya, ada selembar kertas dengan nilai untuk membayar hutang pembangunan biara, bahkan berlebih! Tuhan mengutus orang untuk membayar. Segalanya berasal dari Dia! Karena itu pada saat iman berbicara, maka Tuhan turun tangan.

6.     Anggur: Yoh 2:1-11 & Pokok anggur: Yoh 15:1-8à kita tahu bahwa anggur adalah buah tanda Kemuliaan Tuhan, pohon anggur bisa berbuah dan beranting karena punya pokok. Begitu juga manusia, usaha bisnis apapun bisa berbuah kalau selalu menempel pada pokoknya. Yesus bisa berbuah lebat karena bersatu dengan pokok. Kalau tak bersatu dengan pokok, maka pelan-pelan ranting akan kehilangan sesuatu lalu mati. Mari tinggal bersama dengan pokok anggur. Yesus pemilik kebun anggur, maka di situlah akan kita temukan hasil buah anggur berlipat ganda untuk tahun 2010.

•       Amsal 3:1-2: “Hai Anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.”

•       Kadangkala orang benar menderita dan tidak hidup sampai tua (Kis 7:59-60); sebaliknya, terkadang orang fasik malah sehat dan makmur (Mzm 73:3; Yak 5:5).

•      Amsal 3:13-17

•      Yak 4:13-17: berencana di dalam Tuhan. Manusia berencana, Tuhan ikut menentukan

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: