Bertahanlah

25 11 2009

“Kalau kamu tetap bertahan kamu akan memperoleh hidupmu”

Keluar masuk penjara adalah salah satu resiko yang dihadapi para aktivis pejuang keadilan dan kebenaran.dimanapun juga .Tetapi walaupun badan secara fisik terpenjara, gelora semangat masih terus membara bahkan diteruskan oleh banyak orang diluar tembok penjara. yang memiliki spirit perjuangan yang sama Gerakan kebenaran dan keadilan bisa tidak terbendung dan bisa menjadi tidak terkendalikan. Sejarah menunjukkan terjadinya revolusi dan pemberontakan awalnya karena ketidak puasan akan rasa keadilan dan kebenaran. People power mungkin bisa dikatakan sebagai suara Tuhan dari rakyat yang tertindas.

Dari balik tembok penjara kita bisa mendengar banyaknya kasus salah tangkap, korban fitnah, korban sistem yang tidak pernah menikmati apapun yang dituduhkan kepada mereka. Kisah para martir juga tidak kurang bagaimana beratnya perjuangan iman mereka melawan para penguasa-penguasa. Di belahan bagian negara kita tercinta inipun masih dijumpai perjuangan untuk mendapatkan kebebasan untuk beribadah. Belum lagi perjuangan melawan kemiskinan yang menjerat karena kesulitan infrastruktur. Semakin jauh dari pusat kota, semakin sulit kehidupan.

Berbahagialah kita yang menikmati segala fasilitas dan kesempatan yang ada. Yang menikmati kebebasan berserikat dan berbicara, bisa membaca apa saja tanpa ketakutan, dan masih bebas beribadah sampai memilih mau misa dimana mau pilih pastor mana untuk memimpin misa dirumah. That is a luxury for some people. Bila semua fasilitas sudah dinikmati, umumnya sedikit rasa sakit saja dirasakan begitu berat.

Injil hari ini mengingatkan kita bahwa suatu saat nanti pasti mengalami suatu peperangan luar biasa, perang batin, perang spiritual dengan berbagai penguasa, tantangan iman dan kehidupan dsb. Apapun yang akan terjadi dihadapan kita tentu dengan harapan akan memurnikan iman kita dan yang pasti kita tidak sendiri karena janji Sang Imanuel, Allah beserta kita. Sekarang dan selamanya.

==============================================================================================

Bacaan Injil Lukas 21:12-19

“Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku. Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. Sebab itu tetapkanlah di dalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu. Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu.”

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: