Menjalin Relasi Dengan Tuhan

26 10 2009

Menjalin relasi dengan Tuhan itu penting; bukan hanya dalam konteks kehidupan kita sebagai pribadi, melainkan juga dalam konteks kehidupan kita sebagai Gereja. Dalam hidup pribadi, seumpama hidup kita ini sebuah film, maka Tuhan adalah Sutradaranya. Sebagai Sang Sutradara, Dia tentunya mempunyai tujuan dengan memberi kita “peran” seperti yang ada sekarang; lahir sebagai si anu; dari keluarga anu; di negara anu; dengan sifat dan talenta anu. Supaya hidup kita ini selaras dengan tujuan dan rencana-Nya, kita harus “keep contact” dengan-Nya. Tanpa jalinan relasi yang erat dengan Sang Sutradara Agung, hidup kita akan seperti layang-layang putus, terombang-ambing rupa-rupa angin kehidupan.

Dalam hidup bergereja, Gereja yang sehat adalah Gereja yang memiliki relasi yang baik dengan Tuhan: ia tidak akan surut menghadapi hambatan zaman, tidak luruh dengan tantangan dari dalam. BUkan berarti di sana tidak akan ada masalah — selama di dunia, masalah itu selalu ada, tak terhindarkan — tetapi apa pun masalahnya, akan mampu ditangani dengan baik dan dewasa. Tidak akan sampai merusak fondasi persekutuan yang ada.

Maka, andai sekarang kita tengah mengalami kekosongan jiwa; merasa hidup ini hampa, susah bersyukur dan menikmati apa yang ada, jangan-jangan akar masalahnya karena kita tidak memiliki relasi yang baik dengan Tuhan. Begitu juga kalau Gereja kita ribut terus, hal-hal kecil pun bisa jadi besar, rasanya tidak ada damai sejahtera atau sukacita dalam hidup bergereja. Jangan-jangan Gereja kita kurang memberi tempat pada relasi dengan Tuhan. Hanya sibuk dan terus saja sibuk. Jika demikian adanya, tidak ada cara lain, raih kembali keteduhan bersama Tuhan, Sang Sumber Hidup.

Renungan Harian “Gloria”

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s




%d bloggers like this: