H-3: Rayakan Hari Batik Nasional

29 09 2009

Hari Jumat, 2 Oktober nanti, batik akan ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya dunia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh warga Indonesia memakai baju batik pada 2 Oktober 2009. Himbauan ini ternyata ditindak-lanjuti oleh berbagai organisasi, bahkan beberapa sekolah mengajak muridnya mengenakan batik pada hari tersebut. Tidak hanya perkantoran, seluruh pelaku industri pariwisata juga dihimbau mengenakan batik. Kalau bisa seluruh karyawan restoran, bengkel, petugas pelayan publik, dibebaskan sehari tidak menggunakan seragam asal menggunakan batik. Seru juga kalau misa jum’at pertama nanti SEMUA  umat bahkan sampai petugas tata laksana mengenakan batik. Jangan lupa bawa kamera ya.

Beberapa rekan warga negara asing justru sangat bangga bila mengenakan batik. “So exotic !” Lha kalau mereka saja bangga  dan banyak negara juga mengakui memiliki ‘batik’, masa sih kita gak mau berkorban sedikit dengan berbatik ria di satu hari yang istimewa ini?Ajak semakin banyak orang melalui SMS, email, surat himbauan dsb dan pastikan rekan-rekan anda tidak ada yang terlewatkan. Bisa dibayangkan kalau ada yang tidak mengenakan batik karena TIDAK ada yang memberitahukan. Kasihan mereka tidak dapat menjawab saat ditanya “kok  hari ini gak pakai batik sih?”

Selamat untuk mereka yang telah setia menggunakan batik setiap jumat. Acungan dua jempol buat mereka yang sudah lebih dulu mengenakan batik setiap hari ! Indonesia : I love you FULL…

Hiduplah Indonesia Raya….

Silahkan akses artikel tentang Lindungi Batik Melalui Hari Batik Nasional

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=12&jd=Lindungi+Batik+Melalui+Hari+Batik+Nasional&dn=20090928185024

Advertisements

Actions

Information

4 responses

30 09 2009
tas kertas

Setuju!

4 10 2009
Rumah Dijual

Sebelumnya saya ucapkan selamat hari batik. Sudah selayaknya kita memperingatinya dengan cara berpakaian batik. kita patut bersyukur, setelah melewati perjuangan yang tidak mudah, akhirnya batik diakui juga sebagai milik Indonesia oleh UNESCO.

Mudah-mudahan momen ini bisa dijadikan sebagai titik awal untuk mempatenkan warisan budaya milik kita yang lainnya. agar tidak terjadi lagi insiden pencaplokan hak paten budaya kita oleh negeri orang lain.
Hidup Batik Indonesia!

Dijual Rumah

6 10 2009
Pasang Iklan Gratis

Akhirnya batik diakui juga sebagai milik Indonesia oleh UNESCO. Dengan pengukuhan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia, jelas memberikan dampak yang baik bagi industri batik di Indonesia, tetapi hal ini juga perlu diikuti gerakan-gerakan lain dari masyarakat yang sifatnya mendukung keberadaan batik itu sendiri.

Pada hari ditetapkannya peringatan “Hari Batik Nasional” tanggal 2 Oktober kemarin, antusiasme terlihat pada setiap warga yang di manapun hampir semuanya memakai batik. Mudah-mudahan ini benar-benar merupakan titik awal munculnya kebanggaan Bangsa Indonesia pada batik secara menyeluruh, tanpa memandang usia, tingkat, dan jabatan. Karena…”Batik – Bukan Budaya Sesaat..” =)
Iklan Baris Gratis

8 10 2009
susi

semoga dengan pengukuhan Unesco ini, masyarakat semakin paham dengan batik, jangan-jangan baju yang kita pakai selama ini bukan kain “batik”, tapi kain “motif batik” atau batik printing yang parahnya lagi made in China bukan made in Indonesia, jgn sampai pengakuan ini tidak membawa manfaat ekonomi bagi bangsa ini. i love batik indonesia !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: